Bengkulu 18 Kali Diguncang Gempa Bumi

Bengkulu 18 Kali Diguncang Gempa Bumi

RASELNEWS.COM, BENGKULU - BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu menyebutkan selama 13 hari terakhir atau sejak 11 hingga 20 Januari 2022 telah terjadi 18 kali lebih gempa bumi. Dari 18 gempa itu paling banyak tercatat dengan Magnitudo 3.0.

Kepala BMKG Bengkulu Klaus Apoho Damanik mengatakan aktivitas gempa bumi itu tidak menimbulkan kerusakan dan tidak dirasakan masyarakat. "Gempa rata-rata di bawah 3,0 sehingga tidak dirasakan dan juga tidak menimbulkan kerusakan," ujar Damanik, Minggu (23/1).

Dia mengatakan Bengkulu berada di tengah Pulau Sumatera berada di “Ring Of Fire" atau di jalur gempa sehingga memiliki potensi gempa tetap di seluruh wilayah di daerah ini. Sehingga jika tidak terjadi gempa masyarakat harus khawatir. Sebab Provinsi Bengkulu merupakan wilayah rawan gempa dan juga memiliki potensi gempa yang besar.

"Malah dengan adanya gempa lebih bersyukur karena gempa terjadi tidak langsung sekaligus tapi secara perlahan lahan," ujarnya.

Damanik mengatakan terjadinya gempa dengan kekuatan kecil menyebabkan pelepasan energi di lempeng bumi dan akan terjadi terus menerus sehingga mengurangi potensi gempa besar. "Untuk itu masyarakat kita minta selalu waspada. Namun jangan panik,” pungkasnya. (cia)

Sumber: