Hotel di Kaur Tak Mampu Tampung Peserta MTQ

Hotel di Kaur Tak Mampu Tampung Peserta MTQ

RASELNEWS.COM, KAUR - Kaur menjadi tuan rumah Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XXXV tingkat Provinsi Bengkulu yang akan berlangsung pada 23 Mei 2022. Untuk menjadi tuan rumah hajatan akbar ini, perlu banyak persiapan yang harus dilakukan. Salah satunya penginapan.

Delapan hotel di Kaur diprediksi tidak akan mampu menampung seluruh peserta MTQ atau kafilah dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Untuk mengatasi kondisi ini, tidak menutup kemungkinan menyewa rumah penduduk.

"Iya bila menggunakan hotel kapasitasnya tidak cukup, masih butuh ratusan kamar lagi. Makanya kita akan carikan solusinya,” ujar Kabag Kesra Setda Kaur Agus Supianto, S.Pdi Minggu (23/1).

Jika seluruh kabupaten/kota mengirim 50 kafilah, maka total kafilah dari luar daerah ada 450 orang. Bila dua kafilah menghuni satu kamar maka dibutuhkan 225 kamar.

Sementara kapasitas kamar hotel di Kaur hanya 130 kamar saja. Artinya masih dibutuhkan sekitar 100 kamar. Solusinya akan dicari home stey atau losmen dan bisa pula menggunakan rumah warga sebagai alternatif untuk penginapan para peserta MTQ nanti. "Untuk dewan hakim kita akan gunakan Mess Pemda. Kondisinya sudah siap ditempati," ujar Agus.

Terkait lokasi lomba, sudah disiapkan sembilan titik di lokasi berbeda. Yakni lokasi utama Lapangan Merdeka Kota Bintuhan dengan cabang lomba, golongan remaja, dewasa, qira’at Al-Quran Mujawwad dewasa dan remaja. Lokasi kedua masjid Islami Center Padang Kempas dengan cabang lomba tartil anak dan tartil cacat netra.

Lokasi ketiga Masjid Jamik Asy Syaakirin Bintuhan, dengan cabang lomba golongan 1-5 dan 10 jus tilawah. Sedangkan lokasi kempat Masjid Asyuhada Suka Bandung dengan cabang lomba hafalan alquran, golongan 20 jus dan 30 jus serta cabang tafsir Al’Quraan golongan bahasa arab, Indonesia dan Inggris.

Lokasi kelima di MAN 1 Kaur dengan cabang lomba Famil Quran. Lokasi keenam MTsN 1 Kaur dengan cabang lomba seni kaligrafi Al-Quran, lokasi ketujuh dengan cabang lomba karya tulis ilmiah Al-Quran dan lokasi kedelapan gedung serba guna Pemda Kaur dengan cabang lomba syahril quran. Lokasi terakhir Masjid Nurl Ikhsan dengan cabang lomba lomba hadist. (jul)

Sumber: