Manfaatkan! Bergiliran Listrik Dinyalakan

Manfaatkan! Bergiliran Listrik Dinyalakan

RASELNEWS.COM, KAUR - Hingga Senin (24/1), pemadaman listrik di Kabupaten Kaur masih terjadi, hal ini lantaran pendirian tower emergency di Tanjung Sakti belum rampung. Menyiasati hal itu PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Bintuhan terpaksa menyalakan sistem bergilir, pelanggan hanya diberikan penerangan 3 jam selama satu hari satu malam.

Kebijakan ini untuk memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk kebutuhan rumah tangga. "Kami terpaksa memberlakukan penerangan bergilir pelanggan diberikan daya selama 3 jam setelah itu dipadamkan dan diberikan kepada pelanggan lain," kata Manager PLN ULP Bintuhan Novian Perlindo Senin (24/1).

Pihaknya mendapat suplay listrik dari Gardu Induk (GI) Pulau Bai Bengkulu dengan daya terbatas ditambah dengan daya tambahan dari PLTMH Padang Guci Hulu, jadi tak ada pilihan lain dilakukan bergilir. Dia menjelaskan dengan adanya penyalaan bergilir yang saat ini dilakukan dijalur poros itu, masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan daya tersebut untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Misalnya mencuci menyalakan mesin air hingga kebutuhan carger HP dan lainnya. Masyarakat juga diminta untuk dapat mempergunakan daya sehemat mungkin mengingat daya yang diberikan tak mampu memenuhi kebutuhan seluruh masyarakat. "Semoga secepatnya dapat menyala normal, saat ini tim sedang berusaha maksimal," tuturnya.

Terkait dengan Pekerjaan recovery tower 107 belum bisa dirampungkan 100 persen hingga sore kemarin, Hal ini lantaran pada malam harinya kondisi cuaca hujan lebat di lokasi pekerjaan tower, Desa Tanjung Sakti sejak pukul 16.30 WIB Minggu (23/1) dan mempertimbangkan keselamatan pekerja di lapangan.

Selain itu ada beberapa persoalan tanam tumbuh di sekitar tower yang baru diselesaikan siang kemarin. "Kami dari PLN menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan belum bisa dinormalkan, hal ini dikarenakan masih disuplai dari Gardu Induk Pulau Bai Bengkulu melalui Gardu Hubung Tais dan dinyalakan bergilir bertahap per gardu," tuturnya.

Novian menegaskan ada tambahan 3 genset yang sudah terpasang 3 unit masing-masing 250 kVA, yakni 1 unit di RSUD Kaur, 1 unit di Polres Kaur, dan 1 di parkiran Gedung Sentra Kuliner. Genset itu berasal dari PLN Jambi, Lampung dan Bengkulu saat ini sudah beroperasi membantu suplay daya dari GI Pulau Bai Bengkulu. "Secepatnya akan kami normalkan setelah pemasangan jaringan rampung, kami mohon doa dari seluruh pelanggan di Kabupaten Kaur," pungkasnya.(jul)

Sumber: