Pemancing Daratkan Pari Elang Tutul

Pemancing Daratkan Pari Elang Tutul

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Salah seorang pemancing, Aldo (22) dan rekannya Bona (23), Senin (24/1) pagi berhasil mendaratkan sekor ikan pari elang (Aetobatus Narinari) dengan ukuran cukup besar.

Ikan pari elang tutul (eagle ray) ini sangat jarang didapatkan nelayan yang memancing dari daratan. Biasanya ikan ini didapatkan oleh nelayan yang melaut hingga kawasan yang memiliki kedalaman yang cukup.

Namun ikan pari ini bukan didapat dari hasil memancing, Aldo dan Bona yang tengah memancing, iseng memasang jaring tidak jauh dari tepian pantai. Ternyata hasil yang didapat adalah temuan langka, seekor Pari Elang Tutul seberat 25 kilogram.

Tangkapan kedua Pantai Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), ini langsung menggemparkan pengunjung kawasan Pantai Pasar Bawah. Pasalnya Ikan Pari Elang Tutul memiliki deskripsi yang unik. Ikan ini memiliki rentang hampir satu meter.

Lebih menarik ikan ini memiliki moncong seperti bebek dan motif tutul di bagian tubuhnya. Ikan ini juga memiliki empat hingga enam duri yang berbisa yang terletak tepat di belakang sirip perut. Tubuh berbentuk cakram Pari Elang Tutul dapat mencapai panjang 5 meter (6 kaki), memiliki lebar sayap hingga 3 meter (10 kaki), dan berat 230 kilogram (507 pon).

“Sebelum memancing tadi, kami pasang jaring terlebih dahulu. Saat memancing, kami melihat pelampung jaring seperti ditarik pertanda sudah ada ikan yang tertangkap. Kami langsung mendaratkan jaring, ternyata yang kena ikan pari," ujar Aldo saat ditemui Rasel.

Sumber: