Listrik di Kaur Belum Akan Normal

Listrik di Kaur Belum Akan Normal

RASELNEWS.COM, KAUR - Meksi saat ini tower Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yang sempat roboh di jalur Tanjung Sakti-Pagar Alam sudah normal, bukan berarti jalur listrik Kaur bebas gangguan.

PLN memprediksi listrik Kaur akan normal pada tahun 2024 mendatang setelah terpasangnya jaringan antar koneksi Manna-Kaur yang saat ini sedang dikerjakan. Sebab bila masih menggantungkan jaringan yang terpasang saat ini, sangat rentan terjadi gangguan yang berakibat pada pemadaman.

"Mudah mudahan 2024 sudah antar koneksi. Kalau saat ini masih sering terjadi gangguan," ujar Manager PLN ULP Bintuhan, Novian Perlindo belum lama ini. Dijelaskan Novian, saat ini dengan rentang jarak lebih 100 KM sangat rentan terjadi gangguan.

Selain itu arus yang sampai di Kabupaten Kaur juga belum maksimal lantaran jauhnya jarak antara Kaur dan Manna. Sementara Gardu Induk (GI) yang saat ini berada di Kecamatan Tetap hampir rampung selesai. Hanya saja tower SUTET yang belum usai.

"Ada beberapa tower yang belum berdiri, ini salah satunya terkendala lahan. Tetapi diperkirakan 2023 sudah terpasang dan awal 2024 sudah dapat dinikmati," imbuhnya. Bila hanya mengandalkan jaringan dari Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan yang melintasi hutan dan beberapa kecamatan menuju Kota Bintuhan, tentu hal ini sangat rawan adanya gangguan.

Meski ada PLTMH Padang Guci yang memliki 6 turbin, tetap tidak mampu memberikan daya yang maksimal. Terlebih turbin itu untuk dinyalakan perlu pasokan daya atau kiriman daya terlebih dahulu dari Manna.

"PLTMH itu tak bisa menyala dan membantu daya, bila listrik tidak menyala terlebih dahulu. Sedangkan jaringan kita saat ini sangat rentan gangguan mulai dari cuaca, hingga tanam tumbuh," tambahnya.

Terkait hal itu dia mengharapkan dukungan dari masyarakat terutama untuk pendirian tower SUTET yang melalui lahan warga. Ia mengharapkan warga dapat merelakan lahannya diberikan kepada pihak PLN untuk pendirian tower dengan tentunya ada ganti rugi yang diberikan oleh PLN.

"Semoga dengan pendirian GI dan jaringan antar koneksi nanti terhubung kendala soal listrik dapat teratasi. Kalau saat ini tinggal kita mengoptimalkan jaringan yang ada dengan melakukan perawatan terlebih dahulu," pungkasnya. (jul)

Sumber: