Bantaran Sungai Padang Guci Terancam Abrasi

Bantaran Sungai Padang Guci Terancam Abrasi

RASELNEWS.COM, KAUR - Abrasi salah satunya mengancam bantaran Sungai Padang Guci, mulai dari Kecamatan Padang Guci Hulu hingga Tanjung Kemuning pasca hujan beberapa hari terakhir.

"Kami menemukan beberapa titik yang rawan longsor, serta bahu jalan yang terkikis abrasi," ujar Kepala BPBD Kaur, Jon Harimol, M.Si kepada Rasel.

Menurutnya, bila abrasi yang terjadi tak cepat ditanggulangi dikhawatirkan dapat membuat bahu jalan semakin terkikis sehingga membuat badan jalan tergerus air. "Sudah kita tinjau dan sudah kita dokumenkan serta kita laporkan ke BPBD Provinsi Bengkulu serta Dinas PU PR untuk dapat menindak lanjuti," imbuhnya.

Hal ini patut diambil tindakan cepat. Sebab bebearpa waktu yang lalu juga sempat memutuskan akses jalan provinsi di Kecamatan Padang Guci Hilir (Pagulir). Bahkan warga terpaksa membuat jalur alternatif.

Nah pascainsiden itu pemerintah Provinsi Bengkulu sudah melakukan perbaikan, namun dikhawatirkan kembali tergerus.

"Sudah kembali terkikis. Sebaiknya sebenarnya dibuat tanggul penahan abrasi di pinggiran sungai. Sebelumnya jalan di Desa Ulak Agung Pagulir menuju Desa Padang Leban Kecamatan Tanjung Kemuning ini sempat putus," sebutnya. (jul)

Sumber: