Tiga Jalan Pasar Pino Ditarget Hotmik

Tiga Jalan Pasar Pino Ditarget Hotmik

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN -  Tiga titik jalan di Desa Pasar Pino Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), ditarget mengalami rehab total dan peningkatan kualitas aspal di tahun 2023 mendatang.

Diantaranya jalan gang SDN 88 BS di Dusun Padang Lakaran, jalan menunju tempat pelelangan ikan (TPI) Mengkudum, serta jalan menuju obyek wisata pantai Pinau Guntung.

Kades Pasar Pino, Ivan Sawito, S.Farm mengaku, pembangunan jalan itu sudah diusulkan ke Kemendes-PDTT dan Kementerian PUPR RI. Jika disetujui pusat, dalam waktu dekat bakal ada survei dan pengukuran badan jalan.

“Tiga titik jalan yang selama ini dikeluhkan warga karena kondisinya yang rusak, sudah kami usulkan ke pusat untuk direhab. Selama jalan masih menggunakan aspal lapen, nanti ditingkatkan ke hotmik,” ujarnya.

Diteruskannya, adapun panjang total ketiga badan itu mencapai 2000 meter. Rinciannya jalan Pinau Guntung sepanjang 800 meter, jalan SDN 88 BS sepanjang 700 meter serta jalan TPI Mengkudum sepanjang 500 meter.

“Status jalan itu memang milik kabupaten, namun karena jalan itu melingkupi obyek wisata dan ada juga TPI. Maka bisa diusulkan ke pusat. Sementara kalau mau dibangun dengan dana desa, tidak akan mampu ditanggulangi,” sambung Ivan.

Selain usulan pembangunan jalan, Ivan menyebut pihaknya juga mengusulkan siring pasang di ketiga titik jalan tersebut. Keberadaan siring itu juga bertujuan sebagai saluran pembuangan air dan mencegah banjir di pemukiman warga.

“Namun, untuk siring kami usulkan paketnya terpisah dengan jalan. Tapi kami yakin penuh usulan tersebut bakal terealisasi,” jelas Ivan. (rzn)

Sumber: