Telkom Group dan Dinas Kominfo Petakan Digitalisasi

Telkom Group dan Dinas Kominfo Petakan Digitalisasi

Upayakan Wifi Masuk ke Desa-desa

RASELNEWS.COM, KAUR - Upaya Digitalisasi mengikuti perkembangan zaman terus dilakukan oleh Dinas Kominfo Kaur. Terbaru OPD yang menaungi dunia digital ini kembali menggelar pertemuan dengan pihak Telkom Group di Kabupaten Kaur.

Pertemuan singkat itu membahas tentang langkah langkah yang akan diambil oleh kedua belah pihak dalam rangka digitalisasi. "Ada beberapa poin yang kita bahas bersama Telkom Group terkait pembangunan jaringan baik tower, wifi hingga jaringan astinet," ujar Plt Kepala Diskominfo Kaur, M Jarnawi, M.Pd.

Pihaknya kedatangan Account Manager dari Telkom Group Bengkulu yakni Ringki Azila. Kedatangan pihak Telkom ini dalam rangka tindaklanjut grand design Kaur semakin digital semakin berseri yang digagas pihaknya sejak awal tahun. Sejumlah kesepakatan pun lahir dalam pertemuan itu.

Mulai dari Pola Astinet yang dipakai selama ini adalah Astinet Dedicated akan diubah menjadi Astinet Metro Ethernet dengan berbagai keuntungan.

"Selama ini kami Dinas Kominfo sebagai backhoul tidak bisa membagi dan mendistribusikan bandwith antar OPD. Namun dengan berubahnya pola ini, jika ada kegiatan acara besar yang membutuhkan bandwidth lebih besar, maka bisa diatur. Saat ini baru terkaver 14 OPD yang memiliki sistem metro Ethernet. Semoga tahun depan bisa mengkaver semua OPD dan layanan publik lainnya," ujarnya.

Pembahasan kedua yakni adanya pemasangan wifi.id dengan penggunaan gratis di sentra kuliner. Tentu pihaknya harus mencari pola yang tepat sehingga banyak manfaat dari mubazirnya jaringan yang akan digratiskan tersebut. Selain itu Telkom siap membantu design command center di Kominfo, sehingga nantinya Bupati bisa melihat kondisi Kaur dalam satu layar.

"Kita akan adakan MoU antara Pemkab Kaur dengan Telkom dan peninjauan lapangan BTS/Tower di Kaur dan daerah blank spot, untuk jadwalnya lagi menyesuaikan kedua belah pihak," ujarnya.

Tak kalah pentingnya dalam pertemuan ini, pihaknya bersama dengan Telkom akan mengupayakan wifi masuk ke desa-desa yang berada di jalan poros, terutama yang desanya sudah dilalui kabel optic sehingga akan dipasang Kabel Udara (KU).

Dengan demikian masyarakat bisa berlangganan wifi tentunya dengan biaya langganan lebih murah. "Ini juga sedang kita petakan. Nanti kita minta bantuan kades menghimpun warga yang berniat langganan wifi di desanya sehingga bisa dipasangkan KU secepatnya," jelas Jarnawi. (jul)

Sumber: