Komisi I Cek Limbah CPO PT CBS, Hasilnya??

Komisi I Cek Limbah CPO PT CBS, Hasilnya??

RASELNEWS.COM, KAUR - Adanya keluhan warga terkiat limbah CPO Pabrik Kelapa Sawit milik PT Ciptamas Bumi Selaras (CBS) Kaur yang berada di Desa Ulak Pandan Kecamatan Nasal, ditanggapi Komisi I DPRD Kaur.

Tim yang dipimpin Ketua Komisi Denny Setiawan, SH, bersama Sekretaris Komisi Firjan Eka Budi, AP, SE mendatangi lokasi pabrik baru-baru ini. Mereka mengambil sampel air limbah, sampel sungai terdekat untuk diserahkan kepada DLH Kaur untuk diteliti.

"Tujuan kita mengambil sampel itu untuk minta dicek kepada DLH. Namun terlepas dari hal itu, kita berharap pabrik CPO ini berbenah. Bila memang kolam rampungnya kekecilan kita minta diperluas atau sistem Intalasi Pembuangan Limbah (IPAL) diminta diperbaiki lagi," ujar Denny.

Sementara, Firjan menambahkan, hal ini juga sudah disampaikan pihaknya kepada tim Manajamen IPAL PT CBS. Nanti Komisi I akan lihat fakta dilapangan, apakah memenuhi unsur untuk terjadinya sedimentasi di wilayah aliran-aliran sungai yang ada di Kabupaten Kaur atau tidak.

Di sepanjang aliran sungai perkebunan PT. CBS, Komisi I terus memantau keadaan aliran-aliran pembuangan limbah dari PT. CBS dan mengambil beberapa sampel air limbah sebelum dialirkan langsung ke sungai.

"Pembuangan limbah dari PT CBS, bisa kita lihat bersama-sama bahwa warnanya memang masih agak pekat. Bau-bau memang sudah berkurang. Karena kalau kita melihat busa seperti itu memang belum terlalu bersih sesuai yang kita harapkan. Kami mengharapkan lebih dari ini prosesnya dan akan kami kontrol secara reguler untuk sebelum dibuang ke sungai," ungkapnya.

Komisi I yang ikut dalam sidak yakni Samsul Fajri, Merza, Didi Arianto, Irawan Sumantri, Rismadi, dan Juhnan Hadi berharap kedepan adanya perubahan dalam IPAL pabrik CPO milik perkebunan sawit terbesar di Kaur itu. Sehingga tak ada lagi keluhan masyarakat.

Dia mengaku meski ada limbah yang bisa menganggu ekosistem air, namun CBS juga membawa dampak baik untuk lingkungan sekitar. Pasalnya CBS mampu merekrut lapangan kerja dan memberikan kesempatan kepada warga lokal untuk bekerja di perusahaan dibawah naungan Ciputra Group itu. (jul)

Sumber: