Pasar Kaget Tanggo Raso Disambut Meriah Masyarakat

Pasar Kaget Tanggo Raso Disambut Meriah Masyarakat

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Sejak dibuka pada awal Januari 2022, keberadaan Pasar Kaget Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya disambut meriah masyarakat. Tak hanya warga setempat, namun masyarakat umum juga semakin banyak hadir membuka lapak dagangan, yang berada tepat di depan gerbang jalan dua jalur selamat datang Kota Manna tersebut.

Kades Tanggo Raso Ridwan Agustian mengaku keberadaan Pasar Kaget di wilayahnya itu, merupakan bentuk dorongan terhadap pelaku UMKM dan pegiat usaha sektor kuliner setempat. Sebelum dirinya menjabat kades, warga Tanggo Raso selalu mengidamkan terbentuknya pasar kaget untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pasokan barang kebutuhan rumah tangga.

“Pasar kaget ini kami buka selama dua hari dalam sepekan, yakni Minggu sore dan Rabu sore. Sesuai namanya, pasar kaget ini memang tidak disediakan bangunan lapak atau los khusus. Jadi, di dua hari jadwal itu para pedagang langsung datang ke lokasi untuk berjualan,” ujarnya kepada Rasel (4/2/2022).

Diteruskan Ridwan, para pedagang tidak dikenakan tarif retribusi ketika menjajakan barang dagangannya di Pasar Kaget Desa Tanggo Raso. Hanya saja, pedagang diminta tetap menjaga kebersihan dan menata lapak dagangan dengan baik, agar tidak menimbulkan kemacetan jalan raya.

“Alhamdulillah respon warga kami ataupun masyarakat luar yang datang cukup baik. Sebulan berjalan, jumlah pedagang kian ramai dan barang yang dipasarkan semakin beraneka ragam,” kata Ridwan.

Adanya pasar tersebut imbuh Ridwan, juga diharapkan untuk menjadi penopang perekonomian masyarakat. Selama ini ada warga yang belum mendapatkan pekerjaan, melalui pasar tersebut yang bersangkutan bisa membuka usaha.

Di samping itu, kebutuhan pangan warga semakin mudah didapat tanpa harus ke Pasar Ampera ataupun pasar besar lainnya. “Kalau nanti terus berkembang, maka kami targetkan tercipa pasar khusus di desa kami ini. Lapak dan lokasinya akan kami sediakan khusus dan pedagangpun akan ditata rapi,” tutur Ridwan.

Terpisah, Eva (35), pedagang Pasar Kaget Desa Tanggo Raso mengaku sangat terbantu dengan pasar tersebut. Dirinya yang sehari-hari fokus menjaga anak dan mengurus rumah, kini sudah mendapatkan peluang usaha khusus dengan berjualan sayur di Pasar Kaget. “Pas awal di mulai, saya coba-coba jualan. Sampai sekarang, jualan semakin laris dan permintaan pasar semakin besar,” kata Eva. (rzn)

Sumber: