Magang di PLN, Tiga Pelajar Ini Justru Berbuat Memalukan

Magang di PLN, Tiga Pelajar Ini Justru Berbuat Memalukan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Bukannya bertingkah baik dan rajin saat menjalani pendidikan praktik di dunia kerja atau magang, tiga siswa salah satu SMK di Kaur justru melakukan perbuatan melakukan. Ketiganya berinsial Al (18) dan Ri (18), dan serta Re (19), warga Kecamatan Kinal Kabupaten Kaur.

Ketiganya diamankan ke Polres BS sekitar pukul 13.52 WIB, Senin (7/2/2022) karena tertangkap tangan mencuri kabel tembaga di Kantor PLN Rayon Manna yang merupakan tempat mereka magang.

Ketiga pelaku ini diserahkan pihak PLN setelah aksi mereka mencuri kabel tembaga dipergoki karyawan PLN,” kata Kapolres BS, AKBP Juda T Tampubolon, SH, SIK, MH melalui Kasat Reskrim, Iptu Fajri Chaniago, STK, SIK.

Kepada polisi, ketiga pelajar mengaku sudah lima kali mencuri kabel tembaga di PLN Rayon Manna. Aksi itu dilakukan saat mereka mulai magang di kantor tersebut. Cara mereka menjalankan aksi adalah dengan memotong kabel tembaga yang berada di belakang kantor PLN menggunakan gunting khusus yang juga milik PLN.

Kabel tersebut dipotong pendek sekitar 30 sentimeter. Kemudian dimasukan ke dalam tas. Saat pulang, kabel tersebut dibawa di dalam tas tanpa rasa bersalah. Setelah itu, kabel tersebut dibakar untuk mengambil tembaga yang ada di dalamnya.

Tembaga itu kemudian dijual kepada penampung seharga Rp 30 ribu per kg. Uangnya digunakan untuk beli rokok. “Kabel yang dicuri kami bakar di dekat kosan. Setelah diambil tembaganya, kami jual ke pembeli yang biasanya berkeliling menampung tembaga ini,” aku Al diiyakan Ri dan Re. Atas perbuatan tersebut, ketiga tersangka dijerat pasal 362 KUHP terancam kurungan penjara diatas lima tahun. (yoh)

Sumber: