19 Wilayah Rawan Bencana

19 Wilayah Rawan Bencana

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Memasuki musim hujan seperti yang terjadi akhir-akhir ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS telah menetapkan 19 wilayah rawan bencana alam. Diantaranya 10 kecamatan rawan terjadinya bencana banjir dan sembilan kecamatan rawan tanah longsor.

Kepala BPBD BS, Yarusdi Yunir S.Sos mengatakan, untuk 10 wilayah kecamatan yang rawan banjir diantaranya, Kecamatan Kedurang, Kedurang Ilir, Pino, Seginim, Manna, Ulu Manna, Bunga Mas, Air Nipis, Pasar Manna dan Kecamatan Pino Raya.

Sedangkan untuk sembilan kecamatan yang rawan terjadi tanah longsor diantaranya, Kecamatan Kedurang, Seginim, Pino, Manna, Kota Manna, Pino Raya, Kedurang Ilir, Air Nipis dan Kecamatan Ulu Manna.

"Kami mengimbau warga dengan kondisi cuaca yang tidak menentu saat ini, terutama memasuki musim hujan seperti ini masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. Sebab, sewaktu-waktu bisa saja terjadi bencana alam yang dapat membahayakan diri dan keluarga. Apalagi yang daerahnya termasuk rawan bencana banjir dan longsor," tutur Yarusdi.

Ditambahkan Yarus, potensi banjir dan tanah longsor patut diwaspadai saat memasuki musim hujan seperti saat ini. Khusus di wilayah Kecamatan Ulu Manna menjadi salah satu kawasan rawan bencana tanah longsor. Lantaran, wilayahnya yang berada dikawasan perbukitan, membuat wilayah ini rawan terjadi bencana khususnya tanah longsor.

Apalagi saat diguyur hujan dengan intensitas tinggi. "Dengan mitigasi bencana dan kesiapsiagaan sejak dini, diharapkan bisa meminimalisir korban jika terjadi bencana alam," tandas Yarus. (one)

Sumber: