Komisi 1 Berikan Edukasi Ke Kecamatan

Komisi 1 Berikan Edukasi Ke Kecamatan

RASELNEWS.COM, KAUR - Selama beberpa hari terakhir sepanjang bulan Februari ini, komisi I DPRD Kaur terus melakukan sosialisasi kepada pihak kecamatan terkait dengan pemberhentian perangkat desa hingga monitoring Dana Desa. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengawasan atau monitoring DPRD serta menjaring aspirasi serta keluhan dari warga Kaur.

Hampir 15 kecamatan yang ada rampung kami kunjungi dalam beberpa hari terakhir ini, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian DPRD terhadap kondisi yang ada," ujar Ketua Komisi 1 DPRD Kaur, Denny Setiawan, SH.

Dikatakan Denny kunjungan itu juga lantaran banyaknya keluhan masyarakat yang masuk ke DPRD Kaur terkait dengan Dana Desa (DD) dan juga pembentukan Perangkat Desa (Prades). Sehingga pihaknya melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman ke seluruh Kecamatan di Kabupaten Kaur.

"Terus terang saja, Kabupaten Kaur ini ada insiden buruk dalam pergantian perangkat Desa, dilihat dari banyaknya gugatan di PTUN ada sekitar 106 gugatan perangkat desa yang teregister. Disini kita bukan saling menyalahkan tapi kita saling membenahi agar jangan sampai ada lagi gugatan-gugatan seperti itu," ujarnya.

Anggota Komisi I, Firjan Eka Budi, AP, SE juga menegaskan kepada camat untuk dapat melakukan pungsi pungsi pengawasannya terhadap pengalokasian Dana Desa (DD) dan juga memonitoring terkait dengan pengajuan penggantian perangkat desa. Peran kecamatan harus lebih berwibawa lagi terhadap desa dibawah komando kecamatan. "Pemerintah desa wajib berkoordinasi kepada pihak Kantor Camat dalam segala sisi baik penggantinya prades atau juga Maslaah DD yang ada," kata politisi Nasdem ini.

Anggota Komisi 1 lainya, Didi Arianto ikut menyorot terkait pungsi kecamatan salah satunya diminta ikut berperan dalam pembayaran pajak desa, jangan sampai terutang lagi adanya tunggakan yang menumpuk. Menurutnya hal ini tentu meakinya tak lepas dari peran kecamatan dalam pengawasan. "Jangan sampai adanya pajak DD yang pembayarannya sampai terhutang bertahun tahun," kata politisi PKB ini.

Disini tujuan Komisi I DPRD Kabupaten Kaur ini ingin mempertajam fungsi camat dalam pengawasan DD dan pergantian perangkat desa. Komisi I juga berharap kepada Kecamatan untuk menjalin komunikasi dengan DPRD lebih baik lagi.

"Kami berharap pihak Kecamatan bisa bekerja sama dengan baik dan jangan takut untuk terus berkomunikasi dengan kami, karna kita ini saling membutuhkan," ungkap Rismadi anggota Komisi 1 dari Partai Hanura ini.

Sementara itu Sekwan DPRD Kaur, Kastilon Sirad S.Sos melalui Kabag Humas DPRD Kaur, Roni Oksantri, S.Sos menjelaskan kunjungan kerja Komisi 1 yang dilakukan beberpa pekan terakhir itu dalam rangka memberikan sosialisasi kepada pihak kecamatan. Dikatakanya seusai dengan fungsinya Komisi I DPRD Kabupaten Kaur akan terus memantau dan mengevaluasi perkembangan ditingkat kecamatan dan tak menutup kemungkinan akan melakukan pemanggilan dengan kecamatan ba memang dibutuhkan untuk berdiskusi," demikian Roni. (jul/pariwara)

Sumber: