Segel Ruangan Sekretaris DPRD Dibuka

Segel Ruangan Sekretaris DPRD Dibuka

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Setelah hampir enam bulan disegel Anggota DPRD, ruangan kerja Sekretaris DPRD (Sekwan) Bengkulu Selatan (BS) akan dibuka. Pembukaan segel dilaksanakan Senin (14/2/2022) lusa, disaksikan pimpinan dan anggota dewan, serta pejabat Sekretariat DPRD BS.

“Ya (segel ruangan kerja Sekwan) dibuka. Senin besok kita buka,” kata Ketua DPRD BS, Barli Halim, SE saat dikonfirmasi Rasel, Jumat  (11/2/2022).

Salah satu alasan pimpinan dan anggota dewan menyetujui segel ruangan kerja sekwan dibuka, karena situasi mulai kondusif. Polemik pergantian sekwan pun dinilai telah usai.

Keinginan seluruh Fraksi DPRD yang meminta Bupati Gusnan Mulyadi mengosongkan kursi sekwan sudah dipenuhi. Bupati juga telah menunjuk Kabag Persidangan dan Perundang-Undangan DPRD BS, Nico Dwipayana, S.STP, MM, MH sebagai Plt Sekwan.

“Ruangan sekwan disegel kan tidak enak dilihat. Makanya akan dibuka agar bisa difungsikan lagi sebagai tempat kerja Plt Sekwan. Soalnya polemik soal Sekwan sudah selesai, sudah kondusif. Kami mendukung kinerja Plt Sekwan agar lebih maksimal,” ujar Barli.

Sebelumnya polemik pergantian Sekwan seakan menjadi api dalam sekam di lembaga legislatif itu. Bahkan hubungan eksekutif dan legislatif sempat memanas akibat tuntutan anggota dewan agar Sekwan diganti tak kunjung dipenuhi.

Puncaknya pada tanggal 24 Agustus 2021, Anggota DPRD menyegel ruangan kerja Sekwan dengan rantai dan dipasang tulisan ruangan di segel. Tidak hanya itu, pimpinan dan anggota dewan menandatangani mosi tidak percaya atas kinerja sekwan yang dikirimkan ke bupati.

Pada mutasi tanggal 7 Februari lalu, Bupati Gusnan Mulyadi akhirnya mengakomodir tuntutan para wakil rakyat. Kursi Sekwan dikosongkan, lalu ditunjuk Nico Dwipayana sebagai Plt, sesuai usulan anggota dewan sebelumnya. (yoh)

Sumber: