Manfaat Kayu Ara untuk Kesehatan

Manfaat Kayu Ara untuk Kesehatan

BERBAGAI MANFAAT dimiliki Kayu Ara. Namun sebagian orang kemungkinan masih asing mendengar nama kayu ara. Atau mungkin juga sebagian sudah sering mendengar namun belum tahu bagaimana bentuk pohon dan buah Kayu Ara lantaran belum melihat.

Pohon Kayu Ara ini tumbuh liar di daerah tropis dengan curah hujan sedang dan tinggi. Pohon ini biasanya ditemui tumbuh di pinggir sungai dengan tekstur tanah batuan dan pasir.

Pohon ara ini bias tumbuh hingga puluhan meter. Ciri cirinya daunnya kecil kecil dan memanjang. Jika pohonnya dilukai akan keluar getah kental berwarna putih. Getah yang keluar dari pohon aren akan cepat mengental dan rasanya pahit.

Buahnya berbentuk bulat dengan ukuran bervariasi. Paling besar sebesar jempol kaki orang dewasa. Bentuk buah seperti buah delima. Warnanya ada yang kuning da nada juga yang merah. Buah menempel pada batang, akar dan dahan.

Daging buahnya lunak, terdapat seperti serabut di bagian dalam. Jika buah dipetik saat sedang tua atau sudah matang, akan didapati banyak mahluk seperti laron tetapi berukuran kecil di dalam buah. Rasa buahnya manis bercampur asam. Tetapi memang tidak terlalu mencolok.

Di Indonesia umumnya ditemui dua jenis Pohon Ara. Yakni pohon ara merah dan Ara Putih. Ciri cirinya, kulit batang berwarna putih, daun bercabang tiga dan tulang daun berwarna merah. Buah muda berwarna hijau dan akan berubah menjadi merah saat tua dan matang.

Sedangkan pohon Ara putih ciri cirinya, kulit berwarna putih, daun bercabang tiga tulang daun berwarna hijau. Buah muda berwarna hijau dan akan berubah warna menjadi kuning setelah tua atau matang.

Berikut manfaat Kayu Ara

Pertama getah, getah kayu ara ini sangat baik sekali untuk mengobati penyakit Kayap atau dalam bahasa dokter herpes zoster merupakan penyakit kulit yang disebabkan virus Varicella Zoster yang juga menjadi penyebab cacar air. Caranya ambil getah kayu Ara kemudian oleskan pada bagian kulit yang kena kayap. Beberapa saat setelah dioleskan, memang akan terasa perih dan sakit luar biasa pada bagian yang terkena kayap. Tetapi biasanya satu atau dua hari kemudian kayap akan mongering dan langsung sembuh.

Getah kayu ara ini juga baik untuk mengobati penyakit Maag. Caranya cukup ambil tiga atau empat tetes getah kayu ara kemudian campurkan ke dalam satu gelas air putih dan langsung diminum. Lakukan ini selama tiga hari setiap pagi, siang dan sore.

Jika kita mengambil getah kayu ara ini menggunakan alat penampung dipastikan sisa getah yang habis pakai akan mengeras. Tetapi hal ini tidak masalah, getah yang sudah mengeras masih bias dilarutkan kembali dalam air. Untuk takaran penggunaan bias diperkirakan sebesar tetesan getah saat diambil dari pohon.

Manfaat buah, buah ara sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi masalah sembelit. Kandungan serat dan air dalam buah ara diketahui baik untuk melembutkan tinja dan merangsang pergerakan usus. Buah inipun mengandung prebiotik. Konsumsi dua sampai tiga biji buah ara matang setiap hari selama delapan hari dapat mengatasi keluhan susah buang air besar. Buah arapun diyakini dapat mengatasi gangguan pencernaan seperti irritable bowel syindrome, nyeri perut dan kembung.

Manfaat buah ara lainnya adalah mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan buah ara dapat menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL) dan mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL). Sehingga dapat mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh dara akibat penumpukan kolesterol.

Manfaat buah ara selanjutnya adalah mencegah kanker. Buah ara adalah sumber anti oksidan yang baik. Zat ini diketahui dapat mengurangi kerusakan sel dan jaringan tubuh akibat radikal bebas, sehingga mengurangi resiko kanker. Hasil penelitian di laboratoriumpun menunjukkan bahwa ekstrak daun dan buah ara dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Meningkatkan kekuatan tulang. Ternyata buah ara mengandung kalsium, kalium dan anti oksidan. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Jika dikonsumsi dengan makanan tinggi kalsium dan vitamin D, buah ara baik untuk mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Meski baik untuk kesehatan, buah ara tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan. Jika dikonsumsi berlebih dapat menimbulkan efek samping seperti diare, serta mempengaruhi kinerja obat obat tertentu seperti obat diabetes. (**.stb)

Sumber: