Amankah Makan Daging Kambing jika Darah Tinggi?

Amankah Makan Daging Kambing jika Darah Tinggi?

RASELNEWS.COM - Amankah makan daging kambing jika darah tinggi? Kita sama-sama tau bahwa konsumi makanan adalah salah satu yang mempengaruhi tekanan darah seseorang.

Mereka yang punya darah tinggi atau hipertensi wajib menjaga pola makan sehat, dan menghindari beberapa pantangannya. Salah satu yang kerap ditanya penderita hipertensi di Tanah Air, adalah soal "amankah makan daging kambing jika punya darah tinggi?".

Well, menurut sebuah studi yang dirilis pada Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, ditemukan fakta yang menarik terkait efek makan daging kambing terhadap tekanan darah.

Dalam penelitian ini, para partisipan mendapatkan konsumsi daging kambing atau sapi, sebanyak 100 gram. Setelah diukur tekanan darah istirahan, sebelum dan sesudah makan daging yang disajikan dalam bentuk sate, berikut ini kesimpulannya.

"Respon tekanan darah terhadap konsumsi daging kambing adalah positif, sedangkan respon tekanan darah terhadap konsumsi daging sapi adalah negatif". "Disimpulkan bahwa secara akut, konsumsi daging kambing, namun tidak daging sapi, meningkatkan tekanan darah pada laki-laki dewasa muda normotensif".

Jadi, amankah makan daging kambing jika punya darah tinggi?

Dari situ bisa kita simpulkan bahwa secara akut, makan daging kambing, bahkan pada pria dewasa muda dengan tekanan darah normal sekalipun, dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Namun pada partisipan yang memakan daging sapi, tidak ditemukan peningkatan pada tekanan darah mereka usai memakannya. Konklusi penelitian ini berdasarkan hasil temuan para peneliti, atas 28 pertisipan lelaki dewasa berusia muda, antara 20 hingga 25 tahun.

Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini, adalah mereka dengan indeks masa tubuh 18-25 m/kg2, tekanan darah < 140/90 mmHg, bukan perokok, peminum kopi, dan penderita penyakit kronis. Penelitian soal makan daging kambing dengan darah tinggi tidak selalu sejalan.

Beberapa penelitian lain, salah satunya ini, mengklaim bahwa makan daging kambing, tidaklah mempengaruhi tekanan darah mereka yang memakannya.

Secara aman, mereka yang gemar makan daging kambing, sepertinya harus lebih aktif dalam memantau efek makan daging kambing, terhadap tekanan darah mereka sendiri. (fin)

Sumber: