Maaf, Irigasi Ganjuh Belum Bisa Diperbaiki

Maaf, Irigasi Ganjuh Belum Bisa Diperbaiki

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Irigasi di Desa Ganjuh Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), yang rusak beberapa waktu lalu tampaknya belum bisa diperbaiki dalam waktu dekat.

Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Selatan masih mencari solusi. Padahal dampak dari kerusakan irigasi itu cukup besar, ada 600 hektar lebih sawah kekeringan.

“Kami sudah pikirkan irigasi yang rusak di Desa Ganjuh itu. Tapi, anggaran daerah untuk tahun ini sangat minim sekali. Sehingga belum bisa dipastikan tahun ini bisa dilakukan perbaikan atau tidak. Namun, sebagai pemerintahan kami akan tetap berupaya mencari solusinya dengan cara non anggaran daerah, agar petani dapat kembali mengolah sawah,” kata Bupati BS, Gusnan Mulyadi.

Dikatakan Gusnan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan perbaikan irigasi di lokasi tersebut melalui kebijakan pemerintah. Namun, akibat bencana alam banjir irigasi itu rusak lagi. Ditambahkan Gusnan, rusaknya irigasi Ganjuh yang mengairi ratusan hektar persawahan masyarakat di Kecamatan Pino menimbulkan dampak buruk terhadap ekonomi masyarakat.

“Yang pasti dalam waktu dekat ini kondisi irigasi akan dicek dulu, terkait dampaknya terhadap masyarakat tetap akan ditanggulangi. Karena, melakukan perbaikan menggunakan dana yang cukup besar. Jadi kita akan telusuri kembali, jika memang mendesak akan kita lakukan perbaikan meskipun seadanya dulu,” demikian Gusnan. (one)

Sumber: