Warga Gelumbang Berharap Usulan Terealisasi

Warga Gelumbang Berharap Usulan Terealisasi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Masyarakat Desa Gelumbang, Kecamatan Kota Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) berharap agar usulan pembangunan yang mereka sampaikan saat Musrenbangdes dapat terealisasi.

Karena semua usulan yang disampaikan penting. Bahkan ada beberapa item yang menyangkut perekonomian masyarakat. Usulan pembangunan yang disampaikan meliputi pembangunan gedung serbaguna, peningkatan jalan sentra produksi perkebunan Ulu Lapuh sepanjang lima kilometer.

PAM masuk desa, pemagaran TPU, pembuatan siring irigasi menuju hamparan sawah Tanjung Tambangan, serta pembangunan tanggul penahan tanah di area persawahan Rantau Pinang dan Tanjung Tambangan. Pembangunan jalan penghubung Desa Gelumbang Sampai Desa Tambangan.

Kades Gelumbang, Mardani mengatakan usulan yang disampaikan masyarakat sebenarnya sudah berulangkali dimasukkan dalam usulan Musrenbangdes. Terutama usulan peningkatan jalan sentra produksi perkebunan menuju kawasan Ulu Lapuh. Namun belum juga terealisasi. Saat ini kondisi jalan itu rusak berat. Saat musim hujan badan jalan berlumpur.

Sehingga sulit dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi ini membuat petani kesulitan mengangkut hasil panen. Padahal perkebunan kelapa sawit di kawasan Ulu Lapuh ini mencapai puluhan hektar. Begitu juga dengan perkebunan karet.

Saking luasnya perkebunan di area itu, pemilik kebun bukan cuma warga Desa Gelumbang saja, tetapi ada juga warga dari kecamatan lain. "Saya benar-benar berharap dimasa kepemimpinan saya ini semua usulan masyarakat terealisasi," ucap Mardani. (Sir2)

Sumber: