Desa Diminta Segera Ajukan Pencairan Dana Desa

Desa Diminta Segera Ajukan Pencairan Dana Desa

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Selatan (BS) sampai saat ini masih menunggu dokumen pengajuan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa (DD/ADD) tahap I.

Pemerintah Desa (Pemdes) diharapkan segera mengajukan dokumen APBDes agar cepat diproses pencairan baik DD maupun ADD. “Bagi desa yang sudah siap mengajukan dokumen pencairan DD/ADD tahap I untuk segera disampaikan agar segera diverifikasi proses pencairan dan penerbitan SP2D-nya, baik untuk DD maupun ADD,” ujar Kepala BPKAD BS Lismanto Bayu SE.

Dikatakan Bayu, karena proses penerbitan surat perintah pencairan dana (SPPD) DD/ADD tahap pertama ini, harus dilampiri dokumen APBDes. Namun, dari 142 desa di BS, semuanya sudah menyampaikan laporan realisasi penggunaan APBDes 2021, tetapi belum ada yang mengajukan proses pencairan untuk DD maupun ADD tahap I.

Untuk pencairan DD dilakukan di KPPN Manna setelah SPPD diterbitkan BPKAD BS. Sementara pencairan ADD, semuanya diproses di BPKAD BS, dari rekening kas daerah langsung ditransfer ke kas desa. Untuk mekanisme pengajuan pencairan tetap sama seperti tahun lalu, dalam tiga tahap.

Di mana, tahap pertama 40%, tahap kedua 40% dan tahap ketiga 20%. “Saat ini pemerintah desa masih fokus rapat penyusunan APBDes dan musyawarah untuk penetapan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa, karena semakin cepat pengajuan pencairan semakin baik,” terangnya. (one)

Sumber: