SMKN 2 Bengkulu Selatan Modifikasi Pakan Ternak Broiler

SMKN 2 Bengkulu Selatan Modifikasi Pakan Ternak Broiler

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Ternak berkualitas merupakan impian semua petani dan pengembala. Namun, untuk mendapatkan ternak berkualitas tentu harus ditunjang dengan pengelolaan yang baik.

Seperti yang dilakukan SMKN 2 Bengkulu Selatan (BS). Dalam mengelola ribuan ternak ayam broiler (potong), pihaknya melakukan modifikasi pakan berupa penambahan kalsium dan protein murni ke dalam pakan pabrikan. Dalam satu sak pakan pabrikan, setidaknya ditambah 5-10 persen nutrisi tambahan.

“Sekarang proses uji coba pengembangan pakan ternak kombinasi untuk ayam broiler. Salah satu yang ditonjolkan adalah penambahan nutrisi di pakan yang selama ini diberikan,” ujar Kepala SMKN 2 BS, Isman Setiawan, M.Pd, melalui Pembina Prodi Agrobisni Ternak Unggas, Afdhal Redha, M.Pd.

Diteruskannya, protein dan kalsium murni yang dikombinasikan kedalam pakan pabrikan, merupakan bahan yang diolah sendiri di alam sekitar. Misalnya, untuk protein bisa didapat dari potongan kepala ikan ataupun udang. Sementara untuk kalsium, bisa didapat dari sumsum tulang.

“Jika hanya mengandalkan pakan pabrikan, tentu perkembangan ternak terbatas. Karena skala nutrisinya sudah tertakar. Namun, jika dikombinasi dengan nutrisi tambahan. Tentu perkembangan ternak lebih cepat. Bahkan, bisa melampaui target panen,” kata Afdhal.

Meski demikian, pihaknya masih terus mempelajari formula yang cocok untuk kebutuhan ternak broiler di masa depan. Paling penting adalah, bagaimana mencipatakan pakan berkualitas dan hasil maksimal. Namun dengan biaya operasional yang minim.

“Ini sifatnya baru uji coba. Jika berhasil, akan diterapkan di kandang yang lebih besar lagi. Kemudian, ilmu ini akan menjadi dasar siswa untuk membuka usaha khususnya dibidang ternak,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: