Manfaat Lengkuas

Manfaat Lengkuas

SEBAGIAN BESAR masyarakat sudah tahu manfaat tanaman lengkuas. Umbi tanaman ini menjadi rempah gulai yang sangat popular di kalangan rakyat Indonesia khususnya Provinsi Bengkulu. Daun muda dari tanaman lengkuas juga sering digunakan untuk rempah sop. Aroma yang wangi dank has membuat daun lengkuas hampir tak pernah absen dalam kuali saat orang membuat sop. Ternyata dibalik kegunaannya sebagai rempah, tanaman lengkuas juga memiliki manfaat untuk kesehatan. Kali ini kita akan kupas khusus manfaat air yang terkandung di dalam pohon lengkuas. Dalam bahasa serawai air yang terkandung di dalam pohon lengkuas ini sering disebut tetap. Bagaimana cara mengambil tetap lengkuas dan apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

Separuh dari masyarakat Bengkulu Selatan sudah lama memanfaatkan air tetap lengkuas sebagai obat, khusunya obat batuk. Jenis batuk yang sering diobati dengan tetap lengkuas adalah batuk kering dan terasa gatal pada tenggorokan.

Setelah meminum air tetap lengkuas, biasanya napas akan terasa ringan, batuk kering akan berubah menjadi batuk berlendir sebelumnya akhirnya sembuh. Cara pemakaian cukup praktis, untuk anak anak cukup minumkan air tetap lengkuas tiga kali sehari (pagi, siang dan malam) satu sendok makan. Untuk orang dewasa, bisa dua sendok makan satu kali pakai atau bisa juga dicampurkan ke dalam botol air minum.

Bagaimana cara mengambil tetap lengkuas? Caranya cukup gampang. Ikat secukupnya bagian tengah batang pohon lengkuas untuk dijadikan saru (diikat seperti sapu). Jumlah batang yang diikat sesuaikan dengan keinginan air tetap yang dibutuhkan. Semakin banyak pohon yang diikat akan semakin banyak juga air tetap yang didapatkan.

Kemudian pohon yang diikat tadi, bersihkan daun bagian ujungnya. Setelah itu potong bagian ujung batang kira kira dua pertiga dari panjang batang. Setelah itu bagian batang yang dipotong tadi dimasukkan ke dalam botol atau wadah lainnya yang bisa menampung air.

Setelah itu ikat dan tutup rapat menggunakan plastik bagian mulit botol tempat kita memasukkan batang lengkuas tadi. Tujuannya agar air embun atau air hujan dari luar tidak bisa masuk ke dalam botol.

Setelah semuanya rampung, poho lengkuas yang sudah disatukan dan ujungnya dimasukkan ke dalam botol tadi di robohkan. Bisa ditarik menggunakan tali atau dengan cara lain. Namun yang perlu diperhatikan jangan sampai batang lengkuas patah.

Lakukan ini pada sore hari, saat cuca malam hari yang dingin, air dari batang lengkuas akan keluar dan menetes ke dalam bolol melalui batang yang dipotong tadi dan tertampung di dalam botol atau wadah yang sudah dipasang.

Pagi harinya botol diambil dan biasanya sudah ada air di dalam botol. Nah air inilah yang dinamakan tetap lengkuas. Aromanya wangi khas aroma lengkuas. Rasanya hambar dan dingin. Air ini bisa langsung diminum tanpa perlu mencampurkan ramuan lain. Jika ingin memperbanyak bisa dicampur air putih.

Biasanya untuk pohon lengkuas yang diikat antara lima sampai sepuluh batang, air tetap yang didapatkan sekitar setengah gelas. Jika ingin mendapatkan air tetap lebih banyak, artinya pohon yang kita potong bagian ujungnya harus lebih banyak juga. Selamat mencoba. Dan ingat, berdasarkan pengalaman penulis, air tetap lengkuas tidak dicampur bahan apapun, kecuali air putih. (**)

Sumber: