Ingat, Les Tambahan Ditiadakan

Ingat, Les Tambahan Ditiadakan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Ingat, tahun ini kegiatan les tambahan menjelang ujian sekolah berbasis komputer (USBK) serentak jenjang SD, SMP dan SMA kembali ditiadakan tahun ini.

Les tambahan ini ditiadakan karena kondisi wabah pandemi covid-19 masih merebak. Sehingga, kegiatan keramaian dan kerumunan masih dibatasi. Selain itu, ditiadakannya les tambahan di sekolah mengingat tahun ini ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tidak lagi digelar.

“Kami tidak menyelenggarakan les tambahan di sekolah. Persiapan siswa menghadapi USBK dimatangkan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Kalaupun ada siswa yang mau ikut les tambahan di bimbel, tidak apa-apa,” ujar Kepala SDN 6 BS Takril, S.Pd.

Diteruskannya, tidak digelarnya les tambahan di sekolah juga karena belum ada instruksi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (dikbud) BS. Sehingga sekolah tidak berani mengambil kebijakan secara sepihak. “Memang sejak tahun lalu sudah tidak ada lagi les di sekolah. Atau, sejak UNBK dihapuskan. Meski demikian, siswa tetap kami bimbing agar lebih fokus menghadapi ujian,” sambung Takril.

Senada dikatakan Kepala SMPN 4 BS, Hj. Nurlaili, S.Pd, bahwa kegiatan les tambahan jenjang SMP juga belum dilaksanakan. Sekolah masih menunggu petunjuk dari Dinas Dikbud BS. Saat ini, sekolah masih fokus menyiapkan berkas ujian siswa, salah satunya melengkapi DNS (data nominasi sementara) USBK.

“Ini juga telah kami sampaikan ke siswa, agar mereka lebih siap dan fokus menghadapi ujian,” kata Nurlaili.

Untuk diketahui, pelaksanaan USBK jenjang SD digelar pada pertengahan Mei mendatang, sementara jenjang SMP dilaksanakan pada April mendatang. Adapun total siswa yang bakal ikut USBK mencapai 2700 siswa SD dan 2500 siswa SMP. (rzn)

Sumber: