Bapelkes Disiapkan Jadi Tempat Isolasi Terpadu

Bapelkes Disiapkan Jadi Tempat Isolasi Terpadu

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Pemerintah Provinsi Bengkulu menyiapkan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) untuk tempat isolasi terpadu (isoter) bagi pasien virus corona atau Covid-19.

Namun, isolater ini khusus untuk pelaku perjalanan dari luar yang berdasarkan hasil tes antigen atau PCR terkonfirmasi positif.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes), Herwan Antoni mengatakan, isoter ini juga untuk ASN Provinsi di instansi vertikal dan tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. "Bapelkes sudah dijadikan tempat isolasi sejak dua tahun lalu dan saat ini diaktifkan kembali," kata Herwan.

Herwan mengatakan, tempat itu untuk mengantisipasi lonjakan kasus virus corona di Bengkulu termasuk varian baru omicron. Tempat isolasi tersebut gratis dan disediakan sejumlah layanan seperti makan, petugas kesehatan termasuk siraman rohani. Pasien juga disediakan kegiatan germas yang bertujuan agar terjaga kesehatannya selama menjalani isolasi.

"Jadi ini gratis dan tidak bayar. Tetapi harus sesuai syarat yang ditetapkan," kata Herwan. Dikatakan Herwan, pihaknya mengharapkan kabupaten/Kota juga menyiapkan ruang isoter, mengantisipasi lonjakan kasus Covid - 19. Saat ini kasus covid terus mengalami peningkatan setiap harinya.

Peningkatan kasus sebagian besar dari pelaku perjalanan, baik hasil tes antigsn maupun PCR. "Kesiapan rumah sakit dan tsnaga kesehatan juga perlu dipastikan, agar penanganan kasusnya bisa terkendali," pungkasnya. (cia)

Sumber: