Gas LPG Bocor, Api Bakar Dapur

Gas LPG Bocor, Api Bakar Dapur

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Kebocoran gas LPG nyaris membuat Murni (50), warga Jl. Raja Muda Kelurahan Kota Medan Kecamatan Kota Manna, kehilangan tempat tinggalnya. Namun api cepat dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran (Damkar) yang mendapatkan laporan warga.

Hanya bagian dapur dan perabotannya yang hangus terbakar. Namun badan rumah utama dapat terselamatkan setelah api dapat dikendalikan petugas.

Data terhimpun, sekitar pukul 11.52 WIB, Jumat (18/2/2022), korban berencana memasak di dapurnya untuk menyiapkan makan siang. Namun korban tidak menyadari regulator gas elpiji 3 kilogram yang dimiliki mengalami kebocoran.

Saat korban berusaha menghidupkan kompor gas, tetiba api langsung menyambar dan melalap seisi dapur. Karena panik, korban berlari keluar untuk meminta pertolongan tetangga.

Warga sempat berusaha memadamkan api. Namun mengalami kesulitan karena kobaran api terus membesar, sehingga langsung menghubungi petugas Damkar BS.

“Api berhasil dipadamkan sehingga tidak merembet ke seluruh bagian rumah. Hanya dapur dan berbagai peralatan masak saja yang ludes terbakar,” ujar Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun korban ditaksir mengalami kerugian hingga Rp 10 juta. Material yang yang terbakar sudah dievakuasi. Termasuk beberapa barang-barang penting milik korban, berhasil diselamatkan.

“Beruntung warga cepat melapor. Kami menyimpulkan kebakaran akibat mall function (kelalaian fungsi) regulator tabung,” beber Erwin.

Untuk itu, Erwin meminta warga agar selalu memeriksa kondisi gas LPG yang dimiliki. Jika sudah mengeluarkan bau gas, sebaiknya tidak digunakan lagi.

“Kami sarankan gunakan regulator berstandar Indonesia. Lalu cek berkala kemampuan fungsi perangkat, mudah-mudahan kejadian serupa tidak terulang lagi,” pungkas Erwin. (rzn)

Sumber: