Bupati Serahkan JKK dan THT Rp 341 Juta

Bupati Serahkan JKK dan THT Rp 341 Juta

RASELNEWS.COM, KAUR - Bupati Kaur, H Lismidianto, SH, MH didampingi Branch Manager PT Taspen Cabang Bengkulu, Fanny Yudha Widyanto menyerahkan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Tabungan Hari Tua (THT) kepada ahli waris almarhum Mutadin, S.KM. Nominal JKK yang disalurkan Rp 341 juta. Rinciannya JKK Rp 274.172.400 dan THT Rp 67.537.500.

Diketahui Mutadin merupakan ASN yang bertugas di RSUD Kaur. Kemudian dia meninggal lantaran mengalami kecelakaan kerja pada bulan Oktober 2020 lalu

“Kami dari PT Taspen Bengkulu datang ke Kaur ini dalam rangka memberikan hak ahli waris kepada keluarga almarhum bapak Mutadin karena dia memang meninggal karena kecelakaan kerja,” kata Branch Manager PT Taspen Persero Cabang Bengkulu, Fanny Yudha Widyanto, Selasa (22/2/2022).

Dikatakannya, pemberian JKK ini sebagaimana aturan dari PP 70 tahun 2015 ini, tentang jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Karena itu ketika ada kejadian ASN meninggal dalam keadaan kerja, maka keluarga berhak mendapatkan santunan dari pembayaran klaim JKK tersebut.

Selain JKK yang mengakibatkan meninggal dunia, Taspen juga menanggung biaya perawatan rumah sakit jika peserta ASN mengalami kecelakaan kerja saat bertugas. “Nah untuk alm Mutadin ini kita bayarkan klaimnya senilai Rp 341 juta yakni THT 67.537.500,- dan JKK 274.172.400,-. Mungkin banyak ASN belum mengetahui program ini.

Maka kami dari informasikan kepada PNS aktif se-Provinsi Bengkulu jika ada kejadian kerja yang memang membtuhkan kami PT Taspen siap biaya perawatan hingga sembuh dan juga jika sampai meninggal dunia kita siap meberikan santunan,”terangnya.

Sementara itu, Bupati Kaur H Lismidianto, SH MH mengapresiasi program JKK dan JKM yang diselenggarakan PT Taspen Cabang Bengkulu, karena telah banyak memberi manfaat yang besar pada seluruh ASN diwilayah Kaur. Ia berharap santunan Program JKN ini bisa bermanfaat sebesar-besarnya bagi ahli waris dan keluarga.

Program PT Taspen berupa JKK dan THT saya berharap dapat memberikan rasa ketenangan dan kenyamanan ASN dalam bekerja. Juga kami pemerintah daerah sangat mengapresiasi atas program ini dan saya erharap santunan yang diberikan kepada ahli waris dapat digunakan sebaik mungkin,” terangnya. (jul)

Sumber: