BKIPM Cek Kesehatan Udang Tambak

BKIPM Cek Kesehatan Udang Tambak

RASELNEWS.COM, KAUR - Kesehatan udang tambak dicek oleh Badan Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Provinsi Bengkulu. Rabu (23/2/2022) petugas memeriksa kesehatan dan mengambil sample udang dari tambak di Kaur. Ini dilakukan untuk memastikan kesehatan udang dan ikan produksi Kaur.

"Iya ada pengambilan sample udang dan juga ikan air tawar dari BKIPM Bengkulu, hari ini (kemarin) mereka masih di lapangan," ujar Kepala Dinas Perikanan Misralman ,SP kemarin. Pengambilan Sample ini penting. Sebab menurut Misralman, udang dan ikan akan diteliti di laboratorium nanti juga bisa diterbitkan sertifikat jaminan mutu hingga penanganan bila ada virus atau bakteri yang masuk.

Diharapkan pula pengambilan sample ini dapat meminimalisir penyakit dan juga pencegahan yang dapat dilakukan. "Untuk sample udang kemarin diambil dari PT Dua Putra Perkasa di Desa Linau Kecamatan Maje. Sedangkan sample ikan diambil dari kolam budidaya Kecamatan Kinal," imbuhnya.

Misralman menyebut, saat ini tak ada keluhan terkait dengan produksi perikanan dalam hal ini udang vaname dari berbagai tambak atau ikan air tawar. Namun begitu tak menutup kemungkinan menyebar virus atau bakteri yang berbahaya.

Sehingga balai didampingi tim penyuluh perikanan ini penting dilakukan. Tentunya agar para petambak dan pemilik budidaya dapat tenang dalam mengembangkan usahanya. (jul)

Sumber: