Pantau Penyaluran BPNT

Pantau Penyaluran BPNT

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan monitoring atau pemantauan penyaluran program bantuan sosial (bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sembako senilai Rp 200 ribu perbulan untuk keluarga penerima manfaat (KPM) yang ada di Bengkulu Selatan.

Mekanisme penyaluranya melalui masing-masing kantor Pos yang diserahkan ke penerima manfaat. Untuk penyaluran saat ini jatah tiga bulan sekaligus yakni Januari-Maret dengan total Rp 600 ribu. Untuk data penerima manfaat semuanya langsung ditetapkan Kemensos RI.

“Untuk saat ini kami melakukan pemantaaun penyaluran bansos BPNT di setiap kantor Pos agar benar-benar tepat sasaran. Secara global untuk data penerima kali kurang tahu karena ditetapkan langsung dari Kemensos, yang pasti untuk pemantauan kami sementara ini yang disalurkan dari kantor Pos untuk wilayah Kecamatan Manna sebanyak 424 penerima manfaat, untuk Pasar Manna sebanyak 416 penerima manfaat,” ujar Kepala Dinsos BS Hj.Diah Winarsih SH.

Dikatakan Diah, program bantuan pangan non tunai atau program Sembako ini adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada keluarga kurang mampu, terlebih terdampak pandemic Covid-19 saat ini.

Diharapkan KPM dapat menggunakan bantuan tersebut untuk membeli beras serta bahan pangan lainnya seperti telur, sesuai jumlah dan kebutuhan. “Kami berharap bantuan sosial ini dapat digunakan sesuai peruntukanya, agar dapat membantu warga,” pungkas Diah. (one)

Sumber: