Resahkan Warga, Dinsos Datangi ODGJ

Resahkan Warga, Dinsos Datangi ODGJ

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Untuk menindaklanjuti keluhan warga terkait adanya Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Desa Dusun Baru Kecamatan Seginim, Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Dinsos Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) langsung mendatangi warga tersebut untuk memonitor keluhan warga desa setempat.

Kepala Dinsos BS Hj.Diah Winarsih, SH mengatakan, sesuai dengan laporan dari Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Seginim, ada warganya mengalami gangguan jiwa. Tim langsung menindaklanjuti dengan datang langsung ke rumah ODGJ tersebut.

Hal ini tidak lain untuk melihat kondisi anak yang diketahui ODGJ itu. Yang mana, nantinya pihaknya akan mencari solusi bersama. "Ya, setelah mendapatkan informasi dari TKSK Seginim, tim kami langsung mendatangi kediaman ODGJ. Yang mana, diketahui ODGJ ini sudah meresahkan warga yang ada di desa itu," terang Diah.

Dijelaskan Diah, menurut penuturan keluarga, anak tersebut sudah meresahkan masyarakat setempat karena sudah kerap melakukan pencurian di rumah warga. Namun, diketahui anak tersebut. sELAIN mengalami gangguan mentaL, juga penyandang disabilitas tuna wicara.

"Pemerintah menjamin kelangsungan hidup setiap warga termasuk para penyandang disabilitas (mental). Yang mana, ODGJ seperti ini juga mempunyai kedudukan hukum dan memiliki hak azasi manusia yang sama sebagai warga negara. Untuk itu, selagi mampu, wajib memfasilitasi mereka hingga mereka sembuh," demikian Diah.(one)

Sumber: