Meski Ada Temuan, Dana Desa Tetap Disalurkan

Meski Ada Temuan, Dana Desa Tetap Disalurkan

RASELNES.COM, SELUMA - Inspektur Inspektorat Daerah (Ipda) Seluma, Deddy Ramdhani, SE, M.Si, MA mengatakan pada 2021, tim Ipda sudah menyelesaikan audit penggunaan Dana desa. Hingga kemarin, audit hanya menyisakan dua desa karena ada permintaan aparat penegak hukum. Salah satunya DD Desa Arang Sapat Kecamatan Lubuk Sandi.

Meskipun hasil audit melaporkan adanya temuan di beberapa desa, tahun ini tetap mendapatkan porsi DD seperti tahun sebelumnya. “Jika hasil temuan tidak ada yang berkaitan dengan pencairan DD, maka tahun ini mereka akan tetap menerima DD. Karena syarat pencairan DD itu sudah diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK),” ungkap Deddy.

Untuk 2021, Deddy membeberkan hasil audit menemukan beberapa desa yang tidak sesuai pengelolaan keuangannya. Namun seluruhnya sudah diselesaikan dan hanya tinggal dua desa lagi.

"Untuk desa yang ada temuannya, seluruhnya sudah menyelesaikan. Kemudian sudah ditindaklanjuti dan sudah tuntas. Jadi tidak ada sanksi khusus. Tahun ini mereka tetap akan mendapatkan DD,” pungkasnya. (rwf)

Sumber: