Besaran Dana Desa Belum Ditentukan

Besaran Dana Desa Belum Ditentukan

RASELNEWS.COM, SELUMA - Badan Keuangan Daerah (BKD) Seluma belum menentukan besaran dana desa (DD) untuk 182 desa di Seluma. Penetapan besaran DD akan dilihat dari kondisi desa yang ada.

Seperti luas wilayah, jumlah penduduk, serta kondisi akses transportasi atau sarana infrastrukturnya. Untuk desa yang berada di pedalaman dengan jumlah penduduk padat, tentu akan mendapatkan DD yang lebih besar.

"Saat ini belum kami tetapkan. Masih akan dibahas terlebih dahulu. Yang jelas total DD yang akan diterima tahun ini sebesar Rp 126 miliar untuk 182 desa di Kabupaten Seluma," tegas Kepala BKD Marah Halim, SP, MP, M.Si, M.Ak.

Lanjut Marah Halim, BKD akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada kades serta pengelola DD sehingga pengelolaan DD bisa dikerjakan sesuai petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (juknis).

"Yang jelas untuk DD sudah ditetapkan sebesar 40 persen, akan digunakan untuk penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat yang kurang mampu yang terdampak Covid-19," imbuhnya.

Kemudian selebihnya barulah digunakan untuk perbaikan infrastruktur skala kecil yang ada di desa. "Nah, agar tidak menyalahi aturan, maka dalam waktu dekat kami akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Untuk penyaluran DD di Kabupaten Seluma," pungkas Marah Halim. (rwf)

Sumber: