Desa Napal Melintang Butuh Sumur Bor

Desa Napal Melintang Butuh Sumur Bor

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Warga Desa Napal Melintang Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengharapkan bantuan sumur bor kepada Pemkab BS. Sebab warga kerap kesulitan mendapatkan air bersih. Terlebih pada musim panas. Warga hanya mengandalkan Sungai Air Pino untuk dikonsumsi.

Fendi Saputra (35) warga setempat, mengaku sebelumnya di desanya itu pernah dibangun satu titik sumur bor oleh Kementerian PUPR RI. Namun bangunan tersebut sudah rusak lantaran kurang terawat. Saat ini, tidak ada lagi sumur bor yang tersisa.

“Yang paling kami butuhkan saat ini fasilitas sumur bor. Sebab, di desa kami ini ketersediaan air sangat minim,” ujar Fendi. Minimnya ketersediaan air di wilayah setempat bisa jadi karena faktor geografis Desa Napal Melintang yang berada di dataran tinggi. Sehingga, aliran sungai di bawah tanah tidak melewati desa tersebut.

“Kalau mau mengadakan hajatan ataupun acara resepsi nikah, kami terpaksa pesan air dari luar desa. Tentu ini menyulitkan para warga, sementara ingin mengambil Sungai Pino, kadang kondisinya kotor,” keluh Fendi.

Senada dikatakan Rika (30), warga lainnya, ketersediaan sumur bor di desanya tersebut sangat dibutuhkan. Sumur selain untuk kebutuhan sehari-hari warga, sumur bor turut membantu masyarakat untuk menjalankan roda perekonomian. “Di musrenbangdes ini sudah kami sampaikan, mudah-mudahan direalisasikan,” kata Rika.

Sementara itu, Kades Napal Melintang Darman Wirjo, membenarkan bahwa fasilitas sumur bor sangat dibutuhkan di desanya. Darman juga telah menyampaikan usulan tersebut ke Pemkab BS dan juga Kementerian PUPR RI.

“Karena sumber air bersih juga menjadi faktor utama kesehatan masyarakat. Kami akan perjuangkan usulan ini ke tingkat daerah ataupun provinsi. Sementara untuk realisasi dengan anggaran dana desa, kami akan adakan rapat dulu,” demikian Fendi. (rzn)

Sumber: