BPD Tanjung Besar Kabupaten Kaur Desak Kades Dicopot

BPD Tanjung Besar Kabupaten Kaur Desak Kades Dicopot

RASELNEWS.COM, KAUR - Tiga anggota Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Tanjung Besar Kecamatan Kaur Selatan, Kabupaten Kaur mendesak agar kades mereka dicopot dari jabatan.

Mereka adalah Wakil Ketua, Muhamad Kusnadi, anggota Efdianto dan Yenli Ini buntut dari isu kades selingkuh dan digerebek istri sahnya di salah satu rumah kost di Desa Sinar Pagi Kecamatan Kaur Selatan Kabupaten Kaur beberapa waktu lalu berbuntut panjang.

Kemarin (1/2/2022) ketiganya resmi melaporkan sang kades ke Inspektorat Kaur dan Bupati Kaur. Mereka menuding perbuatan kades mereka telah membuat nama baik desa tercemar dan juga membuat masyarakat gaduh.

Walaupun tak ada rekaman video atau bukti lain saat penggerbekan berlangsung, namun tiga anggota BPD itu membawa bukti berupa keputusan rapat serta tanda tangan warga Desa Tanjung Besar sekitar 260 orang dari mata pilih 600 pemilih.

Efdianto didampingi Muhamad Kusnadi dan Yenli kepada Rasel menegaskan pihaknya juga melampirkan bukti keterangan saksi yang sebelumnya sempat dimintai penjelasan oleh BPD. "Pada pokok inti surat yang kita ajukan kami minta kades diberhentikan, bukti bukti sudah kami lampirkan hasil rekaman wawancara dan dokumen lain," ujarnya.

Sementara itu Kepala Inspektorat Kabupaten Kaur, Harika SE melalui Inspektur Pembantu (Irban) Wilayah Satu, Deddi Setiadi Sueyono SP SH membenarkan adanya laporan dari tiga anggota BPD Tanjung Besar. Ditegaskannya terkait dengan hal ini pihaknya akan menyampaikan kepada Inspektur selanjutnya menunggu petunjuk.

"Pada dasarnya kita Irban siap memproses, namun kita tentunya menunggu perintah pemeriksaan dari inspektur terlebih dahulu, setelah itu kita akan proses pemeriksaan dengan menurunkan tim Auditor dan Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD) untuk melakukan pemeriksaan sebelum menerbitkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tentu akan dilakukan pembuatan Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) untuk diajukan ke bupati," tuturnya. (jul)

Sumber: