Dinas Kesehatan Bengkulu Siagakan Ribuan Vaksinator

Dinas Kesehatan Bengkulu Siagakan Ribuan Vaksinator

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu menyiagakan 1.600 vaksinator untuk mengejar capaian vaksinasi daerah. Tenaga vaksinator itu tersebar di 230 fasilitas kesehatan (Faskes) di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni mengatakan tenaga vaksinator yang disiapkan sebelumnya hanya 1.200 orang. “Penambahan tenaga vaksinator itu untuk mengejar capaian vaksinasi, yang sampai saat ini mencapai 80 persen," ujar Herwan, Kamis (3/3/2022).

Herwan mengatakan pemerintah tengah mengejar capaian vaksinasi di 10 kabupaten/kota. Apalagi, sebelumnya Bengkulu mendapat jatah vaksin Astrazeneca yang mendekati kedaluwarsa pada 28 Februari 2022.

Jika vaksin belum disuntikkan setelah masa kedaluwarsa, maka akan dimusnahkan. “Saat ini ada juga vaksin Astrazeneca yang mendekati kedaluwarsa pada akhir Maret 2022. Untuk itu kita kejar target vaksinasi," tegas Herwan.

Diakui Herwan, ada berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan vaksinasi. Antaranya masyarakat yang sudah mulai enggan divaksin.

Ada masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin pertama namun enggan melakukan vaksinasi kedua. Mereka beralasan efek yang ditimbulkan pasca vaksin dan lainnya.

Selain itu ada juga masyarakat yang karena kesibukan dan jauh dari layanan vaksinasi. “Makanya nanti akan kita gelar vaksin door to door, dari rumah ke rumah,” pungkasnya. (cia)

Sumber: