Realisasi DAK di Bengkulu Selatan Dipercepat

Realisasi DAK di Bengkulu Selatan Dipercepat

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan (BS) telah menyelesaikan daftar usulan sekolah yang bakal direhab menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan Rp17,5 miliar.

Pengerjaan proyek akan dimulai pada Mei 2022. Pengerjaan yang dipercepat dari tahun lalu ini agar pengerjaan proyek tidak terlambat. Pasalnya kegiatan proyek bakal dilaksanakan secara swakelola oleh pihak sekolah.

“Total 27 SD, 7 SMP dan 6 TK yang bakal direhab. Secara umum nilai proyeknya berkurang dari tahun lalu karena adanya refocusing anggaran. Kalau tahun lalu, ada 70 paket DAK dengan anggaran Rp43 miliar,” ujar Kasubbag Perencanaan, Pelaporan, dan Evaluasi (PPE) Dinas Dikbud BS, Yen September, S.Pd.I.

Diterangkan Yen, alasan pengerjaan proyek DAK pendidikan kembali diambil alih oleh sekolah, sesuai arahan dan instruksi Kemendikbudristek RI. Mau tidak mau, sekolah harus siap menjalankan proyek yang diberikan.

Dengan proyek DAK secara swakelola, juga diharapkan pengerjaan lebih maksimal dan mudah untuk diawasi. “Sebelumnya dilakukan oleh pihak ketiga, lantaran pandemi covid-19 dan stimulan pemerintah dan mendukung PEN (percepatan ekonomi nasional). Namun tahun ini kebijakannya kembali ke pihak sekolah,” papar Yen.

Sementara untuk pencairan anggaran proyek, Yen mengaku anggarannya bakal dicairkan secara bertahap. Tahap pertama sebesar 40 persen, tahap kedua 30 persen dan sisanya ditahap ketiga. Prosedur pencairan tetap mengacu standar pencairan anggaran pada umumnya dan langsung masuk ke rekening sekolah.

“Namanya swakelola, artinya sekolah secara penuh yang mengelolanya. Untuk itu, kami berharap sekolah lebih teliti dan efektif mengelola anggaran. Kami tidak menginginkan adanya penyimpangan anggaran ataupun pengerjaan proyek yang tidak baik,” pungkas Yen. (rzn)

Sumber: