Penyelidikan Dugaan Korupsi Dana Desa Masih Tunggu Hasil Audit

Penyelidikan Dugaan Korupsi Dana Desa Masih Tunggu Hasil Audit

RASELNEWS.COM, SELUMA - Penyidik Unit Tipikor Polres Seluma sampai saat ini masih menunggu hasil audit dari Inspektorat yerhadap dugaan korupsi Dana Desa (DD) di empat desa di Kabupaten Seluma.

Pasalnya, Polres Seluma sudah melimpahkan ke Inspektorat untuk menghitung kerugian negara yang ditimbulkan. Setelah itu, barulah sejumlah saksi akan dipanggil untuk dimintai keterangan.

Kapolres Seluma AKBP Darmawan Dwiharyanto, SIK, melalui Kasat Reskrim AKP Andi Ahmad Bustanil, SIK membenarkan mengenai hal ini. Menurutnya, setelah menerima laporan dugaan korupsi dana desa, penyidik langsung mengumpulkan data serta meminta audit dari Inspektorat Seluma.

"Awal Februari kami sudah melimpahkan ke Inspektorat Seluma dan meminta audit untuk DD empat desa. Tapi sampai saat ini belum keluar," tegasnya. Kasat mengatakan DD empat desa yang saat ini masih dilakukan penyelidikan yakni Desa Batu Tugu, Kecamatan Talo. Desa Talang Giring, Kecamatan Lubuk Sandi.

Kemudian Desa Jenggalu Kecamatan Sukaraja dan Desa Lubuk Resam, Kecamatan Seluma Utara. Penyelidikan ini dilakukan berdasarkan laporan yang disampaikan oleh masyarakat termasuk anggota BPD.

Menurutnya, penyelidikan yang dilakukan terhadap empat desa tersebut merupakan tunggakan kasus pada tahun 2021. Yang mana, pada pelaksanaan program APBDes tahun 2020 diduga adanya dugaan penyelewengan anggaran pada pelaksanaan program tersebut.

"Nanti setelah kami menerima hasil auditnya barulah kami panggil seluruh saksi, termasuk kepala desa serta perangkat desa yang lain untuk dimintai keterangan," pungkas Kasat Reskrim. (rwf)

Sumber: