Pemilihan Guru Berprestasi Segera Dimulai

Pemilihan Guru Berprestasi Segera Dimulai

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Pemilihan Guru Berprestasi (Gupres) segera dimulai. Kemendikbusristek RI melalui dirjend GTK kembali akan menyelenggarakan seleksi gupres tahun 2022.

Seleksi guru berprestasi ini bakal diadakan serentak se-Indonesia, mulai dari guru jenjang TK, SD, SMP hingga SMA/SMK. Pemilihan guru berprestasi tersebut sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru Indonesia.

Menyikapi hal ini, Kepala Kantor Cabdindik Wilayah III Manna, Diazdado Putrajaya, SE, M.Si meminta seluruh guru terutama jenjang SMA/SMK di BS untuk lebih giat dan aktif dalam bertugas. Selain itu, guru harus mampu mencetak inovasi terbaru dibingan pendidikan, sehingga menjadi daya tarik sekaligus menopang kemajuan pendidikan di Indonesia.

“Wacananya bakal ada pemilihan guru beprestasi, namun jadwal pastinya belum kami terima dari pusat. Kami harapkan, guru semakin aktif dan siap mengikuti ajang ini,” ujarnya.

Adapun kriteria guru berprestasi yang akan dipilih oleh Kemendikbudristek RI yakni, guru beprestasi dibingan akademik, guru paling menginspirasi, guru berprestasi dibidang inovasi kurikulum pendidikan serta guru dengan kinerja terbaik yang diukur dengan standar karier dan penilaian pengawas.

“Wilayah BS selalu ad guru berprestasi di tingkat nasional, tahun lalu guru SMAN 9 BS yang masuk nominasi guru paling menginspirasi di Indonesia. Tahun ini, kami harapkan prestasi ini kembali terwujud,” ungkap Diazdado.

Bagi Diazdado, ajang pemilihan guru berprestasi juga menjadi dorongan terhadap perubahan standar kurikulum yang diajarkan di sekolah. Sebab, guru berprestasi dengan dedikasi kuat tentu menghasilkan pola didikan yang maksimal. Tak ayal, siswa sekolahpun akan lebih baik lagi dari sebelumnya.

“Nanti pengumuman yang masuk nominasi bakal dikeluarkan secara daring atau onlin. Guru yang terpilih bakal diundang langsung ke Kemendikbudristek RI untuk memaparkan karya-karya dibidang pendidikan,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: