Tunjangan Tamsil Segera Dicairkan

Tunjangan Tamsil Segera Dicairkan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Tunjangan tambahan penghasilan (Tamsil) triwulan satu tahun 2022, segera dicairkan. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) BS telah mengusulkan sejumlah nama calon penerima tunjangan tamsil ke Kemendikbudristek RI. Dalam waktu dekat bakal ada rekonsilidasi tim Disdikbud BS ke pemerintah pusat terkait pencairan itu.

“Ada sedikit penambahan dana untuk tunjangan tamsil tahun ini, sehingga jumlah penerima nantinya juga akan bertambah. Meski demikian, kami masih harus melakukan rekonsilidasi terkait kepastian penambahan anggarannya. Jika tidak ada halangan, kemungkinan akhir bulan ini segera cair,” kata Kasi Pendataan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (TPK) Dikdas Dinas Dikbud BS, Iwan Irawan, SE, MM.

Diterangkan Iwan, periode sebelumnya jumlah penerima tunjangan tamsil hanya 127 orang saja. Ini lantaran dana yang diberikan pusat terbatas dan beberapa dialihkan untuk penanggulangan wabah pandemi covid-19. Namun, saat ini dana itu kembali bertambah dan memungkinkan guru lainnya juga bisa mendapatkan tunjangan itu.

“Asal berkasnya lengkap dan memenuhi syarat, guru bisa mendapatkan tunjangan ini. Pertama, wajib memiliki NUPTK, linier dengan latar belakang ilmu dan memenuhi kewajiban mengajar 24 jam,” papar Iwan.

Terkait besaran tunjangan, Iwan menyebut per orang guru penerima tamsil akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp 250 ribu per bulan. Karena pembayarannya setiap tiga bulan sekali, sehingga per triwulannya akan dikeluarkan anggaran sebesar Rp 750 setiap gurunya.

“Tidak ada kenaikan di sektor anggaran. Tamsil ini sifatnya tetap, bukan seperti TPP yang bisa naik atau turun. Tergantung dengan tingkat kedisiplinan dan golongan PNS yang bersangkutan,” demikian Iwan. (rzn)

Sumber: