Cabut Saja Subsidi Minyak Goreng

Cabut Saja Subsidi Minyak Goreng

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Anggota DPRD Bengkulu Selatan (BS), Ikhsarudin, SH meminta pemerintah mencabut subsidi minyak goreng. Sebab tidak menjadi solusi mengatasi kelangkaan dan mahalnya harga minyak goreng.

Seperti di BS, meski minyak goreng subsidi beredar di pasaran. Harga minyak goreng tetap mahal, barangnya pun sulit didapat. “Lebih baik cabut saja subsidi minyak goreng. Soalnya tidak mengatasi mahalnya harga minyak di pasaran, bahkan saat ini minyak goreng tambah langka. Masyarakat kesulitan mendapat minyak goreng,” kata Ikhsarudin.

Menurut legislator PKP ini, anggaran yang digelontorkan pemerintah melalui Kementerian Perdagangan sebesar Rp7,6 triliun untuk subsidi minyak goreng terbuang percuma.

Ia menduga subsidi minyak goreng hanya menguntungkan sejumlah oknum, bukannya membantu meringankan kebutuhan masyarakat

“Subsidi minyak goreng mungkin hanya dimanfaatkan oknum atau mafia. Kemungkinan ada penimbunan minyak goreng, sehingga barangnya menjadi langka. Kalau pun ada, harga minyak goreng mahal, tidak sesuai harga subsidi yang ditetapkan pemerintah,” ujar Ikhsarudin.

Untuk diketahui, sejak pemerintah mengucurkan anggaran subsidi minyak goreng. HET minyak goreng ditetapkan sebesar Rp 14 ribu per kg/liter. Kebijakan itu rencananya akan berlaku selama enam bulan. Namun belum sebulan berjalan, stok minyak goreng sulit di dapat.

Di Bumi Sekundang Setungguan, minyak goreng sulit ditemukan. Bahkan pelaku usaha gorengan dan kerupuk terancam gulung tikar akibat tidak bisa mendapat minyak goreng. (yoh)

Sumber: