Kios Sekundang Siap Bersaing Dengan Ritel Modern

Kios Sekundang Siap Bersaing Dengan Ritel Modern

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Bupati BS Gusnan Mulyadi meminta warung yang bermitra dengan Kios Sekundang terus tumbuh dan berinovasi. Bahkan siap bersaing dengan ritel modern seperti Alfamart dan Indomaret.

Jika tidak kreatif mengikuti perkembangan zaman, warung manisan atau UMKM akan tergerus. “Kios Sekundang hadir sebagai wadah pelaku UMKM atau masyarakat yang punya warung untuk berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Kios Sekundang juga digitalisasi warung, transaksi tidak lagi manual,” ujar Bupati saat sosialisasi dengan peserta Kios Sekundang di Desa Darat Sawah Kecamatan Seginim, kemarin (7/8).

Kios Sekundang yang bermitra dengan Baquel juga siap menyediakan berbagai jenis produk yang diminati masyarakat. Produk yang disediakan juga selalu diperbarui, harganya pun bersaing dengan ritel modern.

“Kios Sekundang juga akan dikembangkan menjadi pelayanan transaksi digital. Seperti pembayaran listrik, pengiriman uang, transaksi pulsa, dan pembayaran belanja online. Karena kedepannya akan banyak transaksi seperti itu, pelaku usaha harus siap mengikuti. Kalau tidak mengikuti, bisa tergerus dan bangkrut,” ujar Bupati.

Ditambahkan Kepala Dinas Perindagkop-UM BS, Ferry Kusnadi, SE, 200 warung mitra Kios Sekundang semakin berkembang dengan baik. Transaksi yang dilakukan secara digital meningkat, dan pemilik warung semakin lihai mengoperasikan mesin kasir modern.

“Perkembangan Kios Sekundang semakin baik. Kedepan kami targetkan Kios Sekundang ini semakin baik, dan jumlah pesertanya terus bertambah. Warung atau UMKM milik masyarakat bisa berkembang mengikuti perkembangan zaman, dan tetap bertahan kedepannya,” ujar Ferry. (yoh)

Sumber: