5.217 KPM BPNT Terancam Gigit Jari

5.217 KPM BPNT Terancam Gigit Jari

RASELNEWS.COM, KAUR  - Tidak semua warga Kabupaten Kaur yang sebelumnya mendapat paket Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada 2021 mendapat undangan dari Kantor Pos di tahun ini.

Kemungkinan besar, penerima tersebut tereliminasi dalam verifikasi data yang dilakukan Kementerian Sosial RI.

Plt Kepala Dinsos Kaur Ramdhanizar SE mengatakan hasil koordinasi dan pengecekan data di sistem tak menemukan adanya penerima susulan. Diperkirakan pada penyaluran bulan berikutnya tetap tidak akan ada susulan lagi.

"Kemensos sedang melakukan verifikasi, artinya kalau sudah tak dapat undangan, kemungkinan tak dapat lagi bantuan," imbuhnya. Pada periode pertama ini, untuk jatah Januari, Februari dan Maret, hanya 3.287 keluarga penerima manfaat (KPM) saja yang mendapatkan kucuran BPNT.

Padahal pada akhir 2021 tercatat 8.504 KPM penerima BPNT. Artinya ada 5.217 KPM yang dulu menerima, akan gigit jari pada tahun ini.

"Sesuai mekanismenya bantuan ini juga tidak bisa tumpang tindih. Jadi bila sudah mendapatkan bantuan lain seperti BST, PKH maka peluang untuk dapat bantuan pangan ini kecil. Sebab NIK dan nomor KK sudah terkoneksi dengan sistem,” tutupnya. (jul)

Sumber: