Terapkan KTP Berbasis Android

Terapkan KTP Berbasis Android

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi menemui Dirjend Dukcapil RI, Zudan Arif Fakrulloh dalam rangka mewujudkan KTP berbasis android. Tujuannya meningkatkan pelayanan di era digitalisasi agar BS tidak tertinggal dalam pelayanan yang cepat dan mudah.

Disampaikan Gusnan, pelayanan harus mudah dan cepat. Baik pelayanan pada masyarakat maupun kegiatan pemerintahan. Untuk pelayanan pemerintahan, Bupati ingin masyarakat dapat puas dan terlayani. Terutama di bidang adminduk karena pelayanan ini langsung bersentuhan dengan warga.

Dalam pertemuannya dengan Dirjend Dukcapil beberapa waktu lalu, Gusnan menyampaikan pihaknya siap menerima program layanan dokumen kependudukan dalam bentuk digital. Salah satunya KTP elektronik. Selama ini KTP harus selalu dibawa saat berpergian dan dalam mengurus apapun harus membawa bukti fisik KTP. Tapi dengan adanya KTP berbasis android, nantinya akan lebih memudahkan masyarakat.

"Sistem KTP di Indonesia nantinya disampaikan pak Dirjend tidak perlu bukti fisik lagi. Tapi cukup melalui aplikasi android. Seperti aplikasi peduli lindungi Covid-19 saat ini cukup menunjukan data di android,” beber Gusnan.

Disampaikan Bupati, tidak hanya KTP, seluruh pelayanan nanti dalam bentuk satu program android. "Niat BS untuk memperbaiki pelayanan dokumen di Dukcapil sangat didukung pihak Dirjen Dukcapil Kemendagri,” ungkap Gusnan.

Oleh sebab itu, Bupati berharap BS menjadi kabupaten pertama melakukan layanan aplikasi tersebut. Apabila telah jadi, maka masyarakat cukup mengetik nomor induk, maka layanan BPJS, KK dan lainnya dapat dilihat dari aplikasi.

"Dengan pelayanan aplikasi ini nanti, cukup lakukan di desa bahkan di rumah masing-masing. Jadi tidak perlu lagi ke kantor Dukcapil di Kota Manna,” pungkas Gusnan. (one)

Sumber: