Miliki Keragaman Agama, UIN Teliti Desa Parda Suka di Kabupaten Kaur

Miliki Keragaman Agama, UIN Teliti Desa Parda Suka di Kabupaten Kaur

RASELNEWS.COM, KAUR - Tim peneliti Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Soekarno melakukan kunjungan ke kampung kerukunan Desa Parda Suka, Kecamatan Maje, Kaur. Kunjungan tim yang diketuai Prof Rohiman sebagai tim peneliti juga didampingi Kakan Kemenag Kaur Irawadi S.Ag, MH.

Tahun ini Kaur menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXXV tingkat Provinsi Bengkulu 2022. “Untuk itu kampung kerukunan diharapkan ikut berperan dan menyertakan tokoh agama lain untuk berpartisipasi nantinya," ujar Rohiman.

Desa Parda Suka sebagai objek penelitian UIN Fatmawati Soekarno, lantaran di desa itu terdapat beberapa agama yang berbeda, termasuk rumah ibadah yang berdampingan. Ini menjadi motivasi untuk daerah lain untuk pengembangan kampung moderasi beragama berbasis kearifan lokal.

“Sebagai objek penelitian, kami akan menggali sejarah yang banyak belum diketahui oleh masyarakat. Sehingga nanti bisa dikembangkan,” kata Rohiman.

Ditambahkan Kakan Kemenag Kaur, salah satu program Kementerian Agama adalah moderasi beragama.

“Kami mengapresiasi peran Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang proaktif dalam menjaga kerukunan dan harmonisasi dalam keberagaman di Kaur. Soal penelitian, kami sangat bersyukur dijadikan objek. Semoga FKUB ini terus memberikan dampak positif terkait kerukunan umat beragama,” tutupnya. (jul)

Sumber: