BPDAS Siap Suplai 700 Ribu Bibit Gratis untuk Kabupaten Kaur

BPDAS Siap Suplai 700 Ribu Bibit Gratis untuk Kabupaten Kaur

RASELNEWS.COM, KAUR - BPDAS atau Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Ketahun-Bengkulu siap menyuplai 700 ribu batang bibit gratis. Bibit tanaman perkebunan itu dikelola di penyemaian Pondok Pusaka Kaur Selatan dan akan dibagikan gratis kepada masyarakat. Bantuan bibit sebagai bentuk kepedulian BPDAS kepada Kaur.

Jumat (11/3/2022), BPDAS dan Pemkab Kaur kembali menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman di ruang kerja Bupati Kaur, H. Lismidianto. Saat itu, bupati berharap BPDAS dapat membantu kebutuhan bibit masyarakat.

“Kami sangat berterima kasih kepada BPDAS yang sudah membantu penyediaan bibit gratis. Nanti kami akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” ungkap Bupati.

BPDAS dalam beberapa tahun terakhir terus menyediakan bibit gratis bagi masyarakat Kaur. Hal itu juga dalam upaya BPDAS dalam rehablitasi daerah aliran sungai. “Kita harapkan pembibitan terus berjalan dan menghasilkan bibit terbaik untuk masyarakat,” ujar Bupati.

Sementara itu, Kasi Program DAS HL BPDAS Ketahun-Bengkulu Yumi Lestari, S.Si, M.Sc mengatakan MoU perlu diperbarui karena sebelumnya hanya berlaku untuk lima tahun. Selama ini Pemkab Kaur menyediakan lahan seluas 1 hektar untuk lokasi pembibitan. Sedangkan bibit didatangkan oleh pihak BPDAS.

“Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat. Sebab dari lahan itu kita bisa memproduksi bibit-bibit berkualitas,” ungkap Yumi. Tahun ini BPDAS menargetkan dapat memproduksi 700 ribu batang bibit sesuai permintaan masyarakat dan kebutuhan lingkungan. Mulai dari bibit cengkeh, jengkol hingga tanaman kayu.

“Bibit ini gratis. Syaratnya kita buatkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dimana bibit-bibit itu harus ditanam, beberapa di antaranya di sekitaran aliran sungai,” demikian Yumi. (jul)

Sumber: