Abrasi Ancam Rumah Warga di Desa Suka Bandung

Abrasi Ancam Rumah Warga di Desa Suka Bandung

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Warga Desa Suka Bandung Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengharapkan bronjong dibangun di daerah aliran sungai (DAS) Air Nipis yang berada di sekitar Desa Suka Bandung.

Kades Suka Bandung, Asiun mengatakan warga sangat menginginkan tepian Sungai Air Nipis sepanjang 200 meter untuk dibuatkan bronjong.

Karena selama ini bila air naik, air sampai menggerus pinggiran sungai, bahkan sudah ada 1 rumah warga yang terkena abrasi. "Sudah ada satu rumah warga yang tergerus akibat abrasi," kata Kades.

Kades menyampaikan, kekhawatiran warga cukup beralasan sebab jarak sungai dari tempat tinggal mereka cukup dekat. Apalagi Sungai Air Nipis merupakan sungai besar.

Jika kondisi ini dibiarkan tanpa penanggulangan, tidak menutup kemungkinan aliran sungai akan menggerus daratan, hingga ke rumah warga.

Kades menambahkan pihaknya telah mengajukan pembangunan talut atau brojong sepanjang 200 meter di musrenbang tingkat kecamatan.

"Kami sudah menyampaikan usulan warga ke musrenbang kecamatan, semogga usulan medapat tanggapan dan dapat menjadi prioritas pembangunan tahun depan," kata kades. (sir3)

Sumber: