Mantab, Ada 12 Petugas Kebersihan Dimiliki Desa Ini

Mantab, Ada 12 Petugas Kebersihan Dimiliki Desa Ini

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Petugas kebersihan desa tak lain untuk mewujudkan lingkungan desa yang bersih dan sehat. Karena itulah, Pemerintah Desa Lubuk Sirih Ilir Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) menyediakan tenaga khusus petugas kebersihan yang sumberdayanya direkrut dari warga setempat.

Total ada 12 petugas kebersihan yang diberdayakan sejak awal Maret lalu. Kades Lubuk Sirih Ilir, Herwan Aprizal mengaku, inisiasi disediakannya petugas kebersihan desa disampaikan langsung warganya ketika Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) tahun 2022 dilaksanakan.

Sebab, selama ini lingkungan desa masih belum tertata dan cenderung kotor. “Belasan petugas kebersihan desa kami sudah bertugas. Mereka langsung kami beri SK dan dianggarkan gajinya. Per orang petugas kebersihan digaji Rp 300 ribu per bulan dari dana desa,” ujar Kades. Diteruskan Herwan, jadwal tugas masing-masing petugas kebersihan dibagi menjadi dua setiap harinya. Jam tugas pagi sekitar pukul 07.30 WIB-08.30 WIB, sementara sore sekitar pukul 16.00 WIB-17.00 WIB.

“Dengan tenaga kebersihan sebanyak itu, kami yakin wilayah Desa Lubuk Sirih Ilir semakin bersih. Apalagi, kami telah menyediakan tempat pembuangan akhir khusus untuk pengelolaan sampah,” katanya.

Selain memberdayakan petugas kebersihan desa, Herwan mengaku kedepan pihaknya juga bakal menempatkan tong sampah khusus di depan rumah penduduk. Hal ini untuk membudayakan kedisiplinan tertib buang sampah masyarakat dan mempermudah petugas membersihkan sampah.

“Kalau tong sampah, sekarang baru di beberapa sudut desa saja yang disediakan. Kedepan akan kami sebar secara merata,” tuntas Herwan. (rzn)

Sumber: