Ini Prioritas Pembangunan di Bengkulu Selatan

Ini Prioritas Pembangunan di Bengkulu Selatan

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Dalam rangka penyusunan rancangan kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun anggaran 2023, Pemkab Bengkulu Selatan (BS) melalui Bappeda-Litbang BS melaksanakan Musrebangkab BS yang digelar di Gedung Pemuda BS, Senin (14/3/2022).

Pada Musrebangkab, setidaknya ada delapan pilar prioritas pembangunan Pemkab BS era kepemipinan Bupati Gusnan Mulyadi dan Wakil Bupati, H. Rifai Tajudin. Pilar tersebut meliputi pembangunan dibidang pendidikan, kesehatan, pertanian, perikanan, pariwisata, perlindungan sosial, ekonomi dan bidang infrastruktur.

“Ini hasil penyempurnaan dari Musrebang mulai dari tingkat desa/kelurahan, tingkat kecamatan hingga kabupaten. Beberapa program prioritas pembangunan ini sudah disinkronkan dengan kebijakan nasional atau kementerian,” ungkap Bupati BS, Gusnan Mulyadi saat menghadiri acara.

Program priotas itu diantaranya meliputi merealisasikan kembali program BOSDa untuk sekolah jenjang TK, SD dan SMP, program BS kota hafidz, jaminan perlindungan kesehatan berbasis KTP, layanan jemput pasien, pengembangan peternakan secara terpadu dengan didukung program Satu Keluarga Satu Sapi (SAKTI), peningkatan kualitas dan kuantitas produksi kebun kelapa sawit, pengembangan dan produksi hilirisasi hasil perikanan budidaya dan penataan destinasi wisata pantai pasar bawah.

“Kita dorong semua OPD untuk mampu menyukseskan program unggulan ini. Teruntuk bidang peternakan, semuanya sudah berjalan. Termasuk untuk program dibidang ekonomi dan UMKM yang memaksimalkan layanan Kios Sekundang,” sambung Gusnan Mulyadi.

Khusus kios sekundang, pihaknya tidak ingin setengah-setengah memaksimalkannya di tengah masyarakat. Jika tidak dioptimalkan, maka gerai raksasa modern akan melibas habis usaha mikro warga BS. Sementara mayoritas warga BS, masih sangat bergantung dengan usaha tersebut.

“Sekarang ini Kios Sekundang terus berjalan dan akan mampu bersaing dengan gerai modern. Tidak bisa kita bayangkan jika gerai modern ini terus menjamur di BS. Akan banyak warga yang kehilangan sumber pencarian. Padahal mereka menyekolahkan anak dan menghidupi keluarga dari usaha tersebut,” sebut Gusnan.

Terakhir untuk pembangunan infrastruktur, Gusnan mengaku Pemda BS terus berupaya membuka konektivitas dengan wilayah luar agar akses masyarakat semakin lancar. Jika ini terwujud, maka perekomian akan melaju pesat dan pada akhirnya BS EMAS dan BS berkemajuan akan tercapai.

“Infrastruktur ini juga akan mendukung layanan dasar pendidikan dan kesehatan masyarakat. Untuk itu, komitmen kami hanya satu, yakni fokus pada tujuan pembangunan daerah,” pungkas Gusnan.

Sementara Asisten II Setprov Bengkulu, Ir. H. Fachriza, MM yang hadir mewakili Gubernur Bengkulu menyatakan jika secara penuh Pemprov Bengkulu akan mendukung semua program dan sektor pembangunan di BS. Beberapa usulan prioritas Pemda BS ke Provinsi Bengkulu bakal diakomodir dan direalisasikan dalam waktu yang tepat.

“Tak perlu diragukan, kami akan terus mendukung pembangunan di BS. Untuk itu, kolaborasi dan koordinasi harus ditingkatkan. Secara global, bahwa Pemprov sebagai wakil dari pemerintah pusat, akan melihat berbagai potensi yang jelas di BS ini,” ujarnya.

Menurut Fachriza, hasil Musrebangkab BS akan ditelaah secara penuh oleh pihaknya bersama Gubernur Bengkulu. Nantinya, juga akan koordinasi lanjutan terkait kematangan program dan rencana pengembangan berbagai objek vital dan infrastruktur berskala besar.

“Meski di lapangan kerap ada kendala dan hambatan, tapi ini tidak akan menjadi penghalang. Kami akan terus fokus mendukung pembangunan kabupaten dan pembangunan provinsi bengkulu,” pungkasnya. (rzn) Berikut pilar prioritas pembangunan Pemerintah Kabupaten BS 2021-2026 : 1. Program unggulan daerah * Bidang Pendidikan -Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDa) -Bengkulu Selatan Kota Hafizd * Bidang Kesehatan -Jaminan kesehatan berbasis KTP -Jemput sakit pulang sehat mobil dinas ambulance alternatif * Bidang pertanian -Penumbuhan kampung ternak intensif terpadu -Jaminan perlindungan hewan ternak -Satu keluarga satu sapi -Peremajaan kebun sawit -Bengkulu selatan sentra jagung * Bidang perikanan -Bengkulu selatan sentra perikanan budidaya * Bidang pariwisata -Pembangunan dan pengembangan pasar bawah sebagai destinasi wisata unggulan -Pelaksanaan event festival aik manna dan arung jeram -Penataan spot-spot wisata -Membangun kerjasama paket pariwisata dengan lahat-pagaralam * Bidang perlindungan sosial -Kios sekundang -Pembangunan food estate berbasis korporasi -Transformasi pasar tradisional modern * Bidang infrastruktur -Pembangunan dan peningkatan infrastruktur strategis -Pembangunan dan peningkatan infrastruktur dasar -Peningkatan konektivitas antar wilayah 2. Usulan kegiatan pembangunan ke Provinsi Bengkulu * Pembangunan jembatan muara danau kecamatan seginim * Ruas jalan dan siring pasang sepanjang jalan provinsi dari simpang kedurang – palak siring * Ruas jalan dan siring pasang sepanjang jalan kayu kunyit – batu balai * Jembatan di jalan provinsi dari simpang kelutum – pagar gading * Peningkatan jalan provinsi dari desa nanjungan – telaga dalam – cinto mandi – pinjo layang * Peningkatan jalan masat – gedung agung * Peningkatan jalan simpang kota medan – pagar dewa * Peningkatan jalan desa gelumbang kecamatan kota manna – desa kemang manis kecamatan pino raya * Pembangunan stadion mini kecamatan * Pembangunan dan penataan pantai pasar bawah * Konektivitas bengkulu selatan – kaur dari kecamatan kedurang hingga kecamatan padang guci hilir * Normalisasi daerah aliran sungai di kecamatan air nipis * Pembangunan siring padang dan jalan di desa puding dan anggut kecamatan pino * Pembangunan bendungan desa ganjuh kecamatan pino * Pembangunan siring pasang jalan desa tungkal 1 kecamatan pino raya

Sumber: