Bantu Petani, Produksi Kopi Berkualitas

Bantu Petani, Produksi Kopi Berkualitas

RASELNEWS.COM, KAUR - Untuk membantu para petani kopi memasarkan hasil perkebunannya, Dinas Koperasi,UKM-Prindag Kaur sudah membeli dan mengolah kopi berkualitas di gedung Sentra Pondok Pusaka. Tim melakukan pengolahan biji kopi menggunakan peralatan modern yang nantinya akan dikemas dan dipasarkan.

"Kita sedang melakukan pengolahan (biji kopi), butuh tiga hari untuk proses penjemuran. Nanti akan kita proses pemanasan dan penumbukan hingga selesai," ujar Kepala Dinas Koperasi,UKM-Prindag Kaur, Agusman Efendi MM.

Dijelaskannya proses pengolahan biji kopi petik merah ini dilakukan langsung dari biji kopi petani yang dihasilkan dari berbagai daerah. Selanjutnya biji petik merah diolah langsung hingga proses penyaringan (sortir) dan lainnya. Produksi Pondok Pusaka ini nantinya akan dipasarkan di berbagai lokasi, salah satunya kawasan sentra kuliner.

"Kedepannya ini akan kita kembangkan. Kita lihat pasarnya, bila memungkinkan kita bisa produksi massal dan dijual keluar daerah," tegas Agusman.

Kopi petik merah dibeli dari dari petani seharga Rp 10 ribu perkilogram. Kemudian buah kopi yang masih basah diolah hingga proses pengemasan. Dalam tahap awal ada beberapa ratus kilogram yang sudah diproses. Nantinya hasil olahan akan dipamerkan dalam beberapa kegiatan, terutama pada kegiatan HUT Kaur.

"Pabrik olahan biji kopi ini sudah lama operasi. Namun sempat berhenti karena pademi Covid-19, kita akan upayakan diaktifkan lagi," demikian Agusman. (jul)

Sumber: