Pemkab Bengkulu Selatan Kembali Anggarkan BOSDa

Pemkab Bengkulu Selatan Kembali Anggarkan BOSDa

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Tahun 2023 mendatang, Pemkab Bengkulu Selatan (BS) akan kembali menganggarkan kembali BOSDa atau bantuan operasional sekolah daerah (BOSDa), setelah sebelumnya tertunda tahun ini.

Informasi menggembirakan ini disampaikan Bupati BS, Gusnan Mulyadi ketika menghadiri acar Musrenbangkab BS tahun 2022 di Gedung Pemuda BS Senin (14/3).

Menurut Bupati, belum terealisasinya anggaran BOSDa bagi ratusan lembaga pendidikan jenjang TK, SD dan SMP di BS lantaran kondisi keuangan daerah yang belum pulih akibat pandemi Covid-19.

Namun demikian, Pemkab BS tidak ingin program ini terus tertunda dan bakal mencari anggaran khusus untuk merealisasikan kembali BOSDa.

“Khusus di bidang pendidikan, ada dua poin khusus yang harus dituntaskan. Pertama, merealisasikan kembali program BOSDa untuk sekolah dan kedua fokus menjadikan BS kota hafiz. Untuk realisasi bakal dimulai pada tahun depan,” ujar Gusnan.

Adanya kucuran BOSDa yang dianggarkan dari APBD BS sangat optimal dalam meningkatkan kualitas dan layanan pendidikan. Sebab, anggaran BOSDa dengan kisaran Rp15 miliar bakal digunakan untuk kepentingan pemberian bantuan seragam siswa kurang mampu sekaligus pemberian insentif guru honorer.

“Kami telah memerintahkan kepada dinas terkait agar fokus dan mampu menjalankan program ini. Intinya Pemda terus dukung kemajuan pendidikan, agar sumberdaya masyarakat semakin baik,” jelasnya.

Untuk dukungan pendidikan di sektor lain, Gusnan mengaku pihaknya sekarang ini juga terus mencari peluang untuk bekerjasama dengan pihak luar. Nantinya, layanan pendidikan beserta standarisasi pembelajaran akan disamakan dengan sekolah-sekolah yang ada di kota besar Indonesia.

“Tapi ini prosesnya bertahap, untuk itu kerjasama seluruh pihak dan elemen masyarakat sangat kami butuhkan,” demikian Gusnan. (rzn)

Sumber: