Program SAKTI Berlanjut, Tahun ini Siapkan 297 Sapi

Program SAKTI Berlanjut, Tahun ini Siapkan 297 Sapi

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Program SAKTI atau satu keluarga satu ekor sapi tahun ini dipastikan berlanjut. Program ini merupakan gagasan Bupati Bengkulu Selatan (BS), Gusnan Mulyadi dan Wakil Bupati (Wabup) H.Rifai Tajuddin, S.Sos.

Untuk tahun ini, jumlah sapi akan lebih banyak dari tahun 2021. Ada 297 ekor sapi Bali yang akan dibagikan ke masyarakat. Bahkan, rencananya sapi akan dibagikan pada Juli hingga Agustus mendatang.

Bupati BS, Gusnan Mulyadi berharap program SAKTI ini tepat sasaran dan diberikan kepada warga yang benar-benar mau beternak sapi. Apalagi, untuk program SAKTI tahun ini murni dari dana pokok pikiran (pokir) dewan. “Untuk program SAKTI diharapkan tepat sasaran, OPD teknis harus benar-benar melakukan verifikasi calon penerima,” pungkas Gusnan.

Terpisah, Plt Kepala Dinas Pertanian (Distan) BS, Edi Siswanto, S.Pt melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Yasirli, MM menuturkan, pada tahun ini Pemkab BS bekerjasama dengan DPRD BS untuk menyukseskan program SAKTI.

Tahun ini program SAKTI diakomodir dari dana Pokir anggota dewan sebesar Rp3,5 miliar dengan bisa membeli 297 ekor sapi jenis Bali. "Ya, untuk pengadaan sapi akan dibagikan ke masyarakat pada Juli hingga Agustus. Sasaran yaitu kelompok tani di masing-masing wilayah aspirasi anggota dewan yang ada dana pokirnya," tuturnya. (one)

Sumber: