SMAN 5 Bengkulu Selatan Juara Internasional

SMAN 5 Bengkulu Selatan Juara Internasional

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Pencapaian luar biasa diraih SMAN 5 Bengkulu Selatan meraih juara internasional dengan merebut mendali emas ajang Youth International Seience Fair (YISF) 2022.

Kontingen dari SMAN 5 BS berhasil mengalahkan peserta dari 40 negara asing pada kategori Sainces Inovations. Kepala SMAN 5 BS, Juliandi Saputra, M.Pd menjelaskan, kompetisi bertarap internasional ini dilaksanakan pada tanggal 14-17 Maret 2022 di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang Jawa Tengah.

Karya yang ditampilkan adalah Agnella hand soap from lerak fruit atau sabun cuci tangan anti bakteri dari buah lerak atau lamburan.

“Alhamdulilah pencapaian ini diluar ekspektasi kami. Ini pertama kali sekolah kami ini meraih prestasi internasional,” kata Andi.

Dia menambahkan, saat ini rombongan guru dan siswa yang berangkat masih dalam perjalanan pulang. Diperkirakan besok (hari ini-red) mereka sudah tiba kembali di sekolah. Rombongan berangkat sebanyak tujuh orang.

Dua orang guru pembimbing/pendamping yakni Master Efendi SE, M.Pd dan Romi Suganda. Kemudian lima orang siswa yakni Tri Bintang Pratitis, Muhammad Rifqi, Rahmadan Mufian, Kena Leova dan Rohima Fatonah.

“Bagi kami ini pencapaian luar biasa, karena peserta yang berkompetisi berasal dari 40 negara,” jelas Andi.

Andi menambahkan, secara umum kompetisi yang diikuti ini seperti pameran. Siswa memamerkan hasil karya sabun cuci tangan anti baketri dari buah lerak yang mereka temukan.

Para siswa ini mempersentasikan hasil temuan mereka itu secara rinci dan lengkap kepada dewan juri dan dihadapan para peserta lain menggunakan bahasa Inggris. (stb)

Sumber: